Kades dan Terduga Pencuri Uang Rp 290 Juta Sempat Berpapasan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 14 Des 2017 17:16 WIB
Kades Talaga Sukabumi Aep Saefullah saat berjalan ke arah warung lalu berpapasan dengan pengguna motor yang diduga kawanan pencuri uang dalam mobilnya. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Kades Talaga Sukabumi Aep Saefullah saat berjalan ke arah warung lalu berpapasan dengan pengguna motor yang diduga kawanan pencuri uang dalam mobilnya. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sejumlah orang diduga komplotan pencuri uang Rp 290 juta dalam mobil Kepala Desa (Kades) Talaga Sukabumi Aep Saefullah terekam kamera CCTV. Sebelum uang raib, Aep dan orang dicurigai kawanan pelaku itu sempat berpapasan.

Momen itu terekam CCTV yang menyorot di area samping bengkel Fania, Jalan Pajajaran 1, Desa Rambay, Kecamatan Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/12) siang. Terduga pelaku diperkirakan berjumlah lebih tiga orang itu sempat parkir sepeda motor di depan toko sembako dan roda pedagang mi ayam yang bersebelahan dengan bengkel tersebut.

Baca juga: Pencuri Uang Rp 290 Juta di Mobil Kades Sukabumi Terekam CCTV

Andri, pemilik toko material dan rumah yang berdekatan dengan tempat pencurian, memutar kembali rekaman CCTV miliknya. Andri beberapa kali menunjukkan beberapa orang di layar monitor yang menurutnya diduga komplotan pencuri uang di mobil sang kades.

"Pertama ada orang tepat di depan material dia mengawasi ke arah bengkel, lalu datang lagi motor pertama satu orang lalu muncul satu lagi juga pakai motor," kata Andri kepada detikcom, Kamis (14/12/2017).

Terlihat dalam rekaman CCTV, sebelum kedatangan pemotor kedua, terlihat pemotor pertama menelepon. Setelah itu muncul pemotor kedua.

"Nah ini kadesnya nih (terlihat berjalan). Dia masuk ke tempat yang sama. Mereka sempat berpapasan," kata Andri masih menunjuk ke layar monitor.

Baca juga: Kata Saksi Soal Uang Rp 290 Juta Raib di Mobil Kades Sukabumi

Tidak lama setelah berpapasan dengan Aep, kedua pemotor terlihat bersiap menaiki motor. Dua pemotor itu menuju arah tempat mobil Aep yang tengah diperbaiki di bengkel Fania.

"Kalau di rekaman satu lagi yang ada di rumah, terlihat jelas saat mereka (pelaku) memasukkan semacam bungkusan," ujar Andri.

Dihubungi terpisah, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo mengaku sudah membentuk tim khusus untuk menyelidiki kasus pencurian tersebut. "Kami sudah membentuk tim khusus dari Satuan Reserse dan Kriminal. Doakan saja semoga cepat terungkap," kata Susatyo melalui pesan singkat. (bbn/bbn)