DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 15:06 WIB

Menkes Belum Tahu Ada Limbah Medis Dibuang di TPS Cirebon

Tri Ispranoto - detikNews
Menkes Belum Tahu Ada Limbah Medis Dibuang di TPS Cirebon Menkes Nila Moeloek (Foto: Rengga Sancaya)
Bandung - Belum lama ini warga Kabupaten Cirebon digegerkan dengan penemuan sejumlah limbah alat medis rumah sakit yang bertebaran di tempat pembuangan sementara (TPS) liar. Sejumlah limbah yang ditemukan di antaranya berasal dari RS Mitra Husada Pringsewu Lampung, RSUD Fatmawati, Instalasi Farmasi RSKD Duren Sawit Jaktim dan Instalasi Farmasi Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya.

Baca juga: Tindak Tegas Oknum Aparat Terlibat Limbah Medis di Cirebon

Saat dikonfirmasi, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengaku belum mendapatkan info soal limbah medis menumpuk dalam area TPS di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupeten Cirebon, Jawa Barat.

"Saya belum ada informasinya ya. Maaf," ujar Nila saat ditemui di Puskesmas Garuda, Jalan Dadali, Kota Bandung, Kamis (14/12/2017).

Baca juga: Pembuang Limbah Medis di TPS Liar Cirebon Bisa Dipidanakan

Limbah medis bertebaran di TPS liar samping sungai yang berada di Desa Panguragan Wetan. Limbah berbahaya bagi kesehatan itu di antaranya jarum suntik, infus, botol bekas vaksinasi dan labu darah. Diduga TPS liar tersebut telah bertahun-tahun menjadi lokasi pembuangan limbah medis.

Dari hasil penyelidikan sementara limbah medis berasal dari para pengusaha rongsok yang ada di Panguragan. Bahkan disebut-sebut ada oknum aparat yang diduga mengelola limbah medis.

Saat ini lokasi TPS sudah dibersihkan dan disegel oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed