DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 21:01 WIB

Imigrasi Cirebon Amankan WN Filipina yang Menikah dengan WNI

Sudirman Wamad - detikNews
Imigrasi Cirebon Amankan WN Filipina yang Menikah dengan WNI Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Petugas pengawasan keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon mengamankan seorang perempuan berinisial SM (32), warga negara (WN) asal Filipina.

SM diamankan di Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Rabu (13/12/2017). Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon Arfa Yudha Indriawan mengatakan pengamanan SM berawal dari laporan masyarakat dan kepala desa setempat.

Dikatakan Arfa, paspor milik SM bernomor EB3925501 hanya berlaku sampai 20 Oktober 2016. Bahkan, sambungnya, jenis izin tinggal milik perempuan kelahiran Zamboanga City itu hanya visa kunjungan.

"Dari keterangan yang kami peroleh, SM ini datang ke Indonesia diajak oleh PA sejak 2015 lalu. PA ini merupakan teman SM saat bekerja di Saudi Arabia," kata Arfa saat pers rilis di Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, Rabu (13/12/2017).

Arfa menceritakan setelah satu bulan tinggal di Indramayu, tepatnya pada bulan Agustus 2015 SM menikah dengan AM yang merupakan anak dari PA. "Pernikahan SM dengan AM itu hanya secara agama. SM ini datang ke Indonesia pada 28 Juli 2015 melalui Bandara Soekarno-Hatta menggunakan Bebas Visa Kunjungan Singkat (BVKS) yang berlaku selama 30 hari," ucapnya.

Menurut Arfa, SM diduga telah melanggar pasal 78 huruf (3) Undang-undang Nomor 6/2011 tentang keimigrasian. Karena masa berlaku izin tinggal SM melebihi 60 hari dari yang ditentukan. SM terancam dideportasi.

"SM ini sudah tinggal di Indonesia sekitar setengah tahun, padahal izin tinggalnya hanya berlaku selama 30 hari," ujarnya.

Saat ini petugas pengawas imigrasi masih memeriksa SM untuk penetingan pemeriksaan lanjutan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed