detikNews
Rabu 13 Desember 2017, 08:52 WIB

Pemkot Bandung Akui Manusia Silver Masih Berkeliaran

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung Akui Manusia Silver Masih Berkeliaran ilustrasi manusia silver cilik di Bandung/Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskininan (Dinsosnangkis) Kota Bandung mengakui hingga saat ini cukup sulit untuk menertibkan manusia silver yang mengemis di jalanan.

Kadinsosnangkis Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan saat ini manusia silver yang mengemis di jalanan Kota Bandung hampir 70 persen di antaranya adalah warga luar seperti Medan dan Cianjur.

"Orang Bandung juga ada, tidak menutup kemungkinan. Tapi jumlahnya hanya sedikit," ujar Tono saat berbincang dengan detikcom di Balai Kota Bandung, Rabu (13/12/2017).

Menurutnya manusia silver yang berasal dari Bandung kebanyakan masih berusia anak-anak. Mereka mengemis bukan untuk misi kemanusiaan seperti bantuan pada yatim piatu, melainkan motif ekonomi.

"Kita pernah tangkap dan datang ke rumahnya. Ternyata mereka diperintahkan oleh orang tuanya. Orientasinya hanya untuk makan saja," katanya.

Pihaknya mengaku selama ini kerap melakukan razia terhadap manusia silver. Namun bukannya 'tobat' mereka malah berulah dan kembali ke jalanan untuk mengemis.

"Saya pernah menangkap manusia silver dan dibawa ke rumah singgah untuk pembinaan. Eh, 11 orang malah kabur lewat atap," ujarnya.

Tono menegaskan akan terus melakukan razia terhadap para manusia silver dan para pengemis lain di Kota Bandung. Nantinya mereka yang tertangkap akan dilakukan pembinaan dan pembekalan agar tidak kembali turun ke jalanan.

"Kalau bukan orang Bandung kita kembalikan ke daerah asalnya, ongkosnya ada," tandas Tono.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com