DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 20:13 WIB

Ibu Rumah Tangga di Cirebon Terserang Difteri

Sudirman Wamad - detikNews
Ibu Rumah Tangga di Cirebon Terserang Difteri Foto: Infografis
Cirebon - Seorang ibu rumah tangga, warga Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, teridentifikasi virus difteri. Kini perempuan berusia 29 tahun itu menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Gunung Jati Cirebon.

"Pasien sudah dirawat di RSUD kemarin dan sudah mendapatkan obat Anti Diphteria Serum (ADS)," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni saat dihubungi detikcom melalui telepon, Selasa (12/12/2017).

Selain menangani pasien difteri tersebut, Dinkes mengaku sudah menyelidiki epidemiologi di kediaman penderita serta memberikan obat kepada orang terdekatnya.

Selama 2017, menurut Enny, sedikitnya ada enam kasus difteri di Kabupaten Cirebon. Termasuk warga dari Arjawinangun itu.

Kasus difteri itu tersebar di enam kecamatan yaitu Astanajapura, Pangenan Lemahabang, Depok, Kedawung, dan Arjawinangun.

"Satu (ibu rumah tangga) baru masuk kemarin, masih dalam penanganan dokter. Empat pasien sudah sehat dan satu pasien dari Kecamatan Depok meninggal," kata Enny.

Lebih lanjut Enny menjelaskan kalau ada laporan terkait kasus difteri, petugas Dinkes mengecek. Jika hasilnya positif, Dinkes langsung memberikan obat ADS.

"Kita juga melakukan monitoring oleh petugas puskesmas setempat terhadap lingkungan sekitar pasiennya," ucap Enny.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed