DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 16:39 WIB

Pilgub Jabar 2018

Daniel Siap Diskusi dengan Tokoh Jabar untuk Posisi Wakil RK

Erna Mardiana - detikNews
Daniel Siap Diskusi dengan Tokoh Jabar untuk Posisi Wakil RK Foto: Baban Gandapurnama
Bandung - Ridwan Kamil rencananya akhir pekan ini mengumumkan calon wakilnya di Pilgub Jabar 2018. Daniel Muttaqien yang merupakan salahsatu kandidat menyatakan siap mengikuti tahapan yang ditetapkan.

"Saya siap mengikuti tahapannya, entah itu konvensi ataupun diskusi dengan para tokoh Jawa Barat," ujar Daniel saat berkunjung ke Kantor Detik Biro Jawa Barat, Jalan Gatot Subroto, Selasa (12/12).

Ia mengaku hingga saat ini belum mengetahui kapan dan di mana diskusi dengan tokoh Jawa Barat dilakukan. "Saya sih siap saja," tegasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Umumkan Wakilnya di Pilgub Jabar Akhir Pekan Depan

Daniel menyatakan makin percaya diri karena dari berbagai faktor, ia unggul dibandingkan kandidat lainnya. Ia mengaku dari survey terakhir, elektabilitasnya lebih bagus dibandingkan yang lain.

"Kang Emil lemah di Pantura, saya kuat di sana. Kalau mau lihat dari jumlah kursi partai koalisi, Golkar paling banyak, 17 kursi," tandasnya.

Lebih lanjut Daniel mengatakan komunikasi dengan Ridwan Kamil terus terjalin. "Pekan kemarin baru bertemu, kami bahas banyak hal," katanya.

Ia mengaku mulai sering bertemu dengan masyarakat di berbagai daerah untuk sosialisasi. Meski diakuinya masih terbatas karena belum ada keputusan mengenai posisinya. "Ya mudah-mudahan hasilnya sesuai," katanya.

Beberapa waktu lalu, Poltracking Indonesia merilis survei kandidat calon Wakil Gubernur Jabar 2018. Poltracking melakukan pertanyaan semi terbuka soal cawagub Jabar kepada responden. Ada 15 nama kandidat yang muncul. Pertama adalah Dede Yusuf dengan perolehan 25,7 persen, posisi kedua ditempati Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 19,8 persen, Desy Ratnasari berada di posisi ketiga dengan perolehan 9,3 persen, dan keempat Daniel Muttaqien 4,9 persen.

Kemudian Poltracking juga melakukan sejumlah simulasi pertanyaan tertutup. Salah satunya terhadap 3 nama yang disebut-sebut akan maju sebagai cawagub di Pilgub Jabar, Daniel Muttaqien, Ahmad Syaikhu, Puti Guntur Soekarno. Hasilnya, Daniel, yang merupakan kader Golkar, berada di posisi tertinggi.



(ern/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed