DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 20:30 WIB

Pilgub Jabar 2018

Ridwan Kamil Akui Masih Kurang Populer di Pantura

Tri Ispranoto - detikNews
Ridwan Kamil Akui Masih Kurang Populer di Pantura Foto: Ridwan Kamil. (Indra Komara/detikcom).
Bandung - Bakal Calon (Balon) Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku hingga kini masih terus menggenjot popularitas menjelang pendaftaran Pilgub Jabar dari jalur politik Januari 2018.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengakui dari hasil survei sebanyak 20 persen warga belum mengenal dirinya, terutama untuk wilayah Pantai Utara Jawa atau Pantura.

"Maka saya tahu diri terus bergerak ke zona di mana saya kurang dikenal. Hasilnya memang banyaknya saya kurang dikenal di Pantura," ujar Emil kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Senin (11/12/2017).

Salah satu cara untuk meningkatkan popularitas, hampir setiap akhir pekan bapak dua anak ini menyempatkan diri untuk bersafari politik ke daerah Pantura. Seperti yang dilakukannya akhir pekan lalu dengan menemui para kiai NU di Pantura.

Emil mengatakan selain bertemu kiai NU dirinya juga menyempatkan diri dengan bermusyawarah dan bersilaturahmi dengan para tokoh, petani, guru, buruh, kiai Muhammadiyah dan kiai Persis.

"Jadi enggak pilih-pilih (bertemu). Kenapa ke NU, karena mayoritas kedekatan ormas di Jabar itu di NU khususnya Pantura," katanya.

Disinggung soal hasil safari, Emil mengungkapkan 50 persen lebih permasalahan yang dialami oleh warga Pantura adalah persoalan ekonomi. Salah satunya pesantren yang butuh bantuan, warga desa butuh pekerjaan, pendapatan petani kurang maksimal, hingga nelayan yang selalu terkendala cuaca.

"Sisanya lebih ke palayanan pendidikan dan kesehatan. Jadi sebenarnya isunya kalau dipetakan enggak jauh beda. Bahkan untuk urusan pesantren isunya bukan kurikulum keislaman atau isu agama tapi bagaimana si pesantrennya itu diberdayakan punya solusi ekonomi," beber Emil.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed