DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 17:23 WIB

Bocah Garut Penjual Kerupuk Sudah Kembali Sekolah

Hakim Ghani - detikNews
Bocah Garut Penjual Kerupuk Sudah Kembali Sekolah Fadil kembali sekolah. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Sutrisno alias Fadil (13), bocah penjual kerupuk asal Garut, sudah kembali sekolah. Kisah Fadil jualan kerupuk demi adik, Nurlaela Jamilah (3), dan ibunya yang tengah hamil, Heni Rohaeni (36), viral di media sosial (medsos).

Kini Fadil bersekolah di SDN Talagasari 3 yang lokasinya tak jauh dari kontrakan barunya. "Alhamdulillah ramai, tiasa sakola deui (bisa sekolah lagi)," ucap Fadil di rumah kontrakannya, Desa Tanjungmulya, Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (11/12/2017).

Baca juga: Disdik Garut: Fadil Penjual Kerupuk Wajib Sekolah

Keceriaan mewarnai wajah Fadil. Ia mengaku senang bisa kembali bersekolah setelah sejak Desember 2016 lalu berhenti dan memilih berjualan kerupuk. Kini dia banyak teman baru di sekolahnya tersebut.

"Awal sekolahnya Jumat, cuma mulai serius (efektif) belajarnya hari ini," ujar Fadil.

Baca juga: Bocah Garut Jualan Kerupuk Demi Ibu Berharap Sekolah Lagi

Ada beberapa pelajaran di sekolah yang Fadil gemari, salah satunya ialah mata pelajaran olahraga. "Selalu besar nilainya pelajaran agama. Di rapor kadang dapat 85, 82, atau 80," katanya.

Sambil mata berkaca-kaca, Fadil berjanji rajin belajar untuk menggapai cita-cita menjadi seorang polisi. "Supaya bisa banggain mamah," ujar Fadil.

Fadil bergabung dengan rombongan belajar kelas enam di SDN Talagasari 3. "Betul, Fadil mulai kembali sekolah. Selain sekolah seperti siswa umumnya, ada pelajaran yang dibimbing di luar jam pelajaran untuk materi yang tertinggal," ucap Kepala Bidan Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Garut Ade Manadin di kantornya.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed