DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 08:28 WIB

Polres Sumedang Tangkap Pembacok Prajurit Brigif Kostrad

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polres Sumedang Tangkap Pembacok Prajurit Brigif Kostrad Ilustrasi. (Foto: detik)
Bandung - Pembacok anggota TNI Brigif 13/Galuh Kostrad terungkap. Pelaku bernama Wawan Setiawan alias Wawan Bedog (41) ditangkap jajaran Polres Sumedang.

"Pelaku penganiaya anggota TNI sudah kami tangkap," ucap Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata via telepon, Senin (11/12/2017).

Baca juga: Anggota TNI Brigif Kostrad Galuh Dibacok Warga di Sumedang

Hari menuturkan peristiwa pembacokan terhadap prajurit Kostrad, Kopda Dede Dermawan (34), ini berawal dari percekcokan Wawan Bedog dengan rekannya di halaman rumah makan, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (8/12), pukul 18.30 WIB. Percekcokan dipicu utang piutang itu berusaha dilerai anggota TNI yang tengah istirahat dalam perjalanan menuju pulang ke Tasikmalaya.

Tak terima dilerai, Wawan Bedog sambil membawa kapak naik pitam dan menyerang Dede yang berpakaian preman. "Jadi saat dilerai, pelaku berlari dan kembali lagi membawa kapak. Lalu kapak itu diarahkan ke anggota TNI," ujarnya.

Pelaku memperoleh kapak tersebut dengan cara mengambil dari dapur rumah makan. Saat kapak tergenggam, pelaku menyerang personel Kostrad tersebut yang hendak masuk mobil.

"Pelaku menebaskan kapak ke anggota TNI yang akan masuk mobil tetapi menghindar. Kemudian anggota yang berada di kursi sopir turun dan pelaku membacok ke arah anggota tersebut sebanyak satu kali ke arah kepala. Namun korban menangkis dengan tangan," tutur Hari.

Akibat tangkisan tersebut, Dede mengalami luka di tangannya. "Pelaku kemudian melarikan diri dari lokasi," kata Hari.

Polisi langsung memburu pelaku. Tak lama kemudian, pelaku berhasil diciduk personel Satreskrim Polres Sumedang. Pelaku saat ini mendekam di jeruji besi Mapolres Sumedang. Ia dijerat Pasal 351 KUHPidana dengan ancaman di atas 5 tahun bui.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed