DetikNews
Rabu 06 Desember 2017, 17:33 WIB

Seorang Bocah di Bandung Barat Terjangkit Difteri

Wisma Putra - detikNews
Seorang Bocah di Bandung Barat Terjangkit Difteri Foto: Infografis
Bandung - Kadinkes Bandung Barat Pupu Sri Rohayati mengungkapkan seorang bocah asal Kampung Cipongkor terjangkit difteri. Saat ini anak tersebut menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dia masih anak-anak, usianya sekitar 12 tahun. Masuk rumah sakit pada tanggal 31 November, sampai hari ini dia masih dirawat di ruang isolasi Flamboyan RSHS Bandung," kata Pupu via pesan singkat, Rabu (6/12/2017).

Baca juga: Jabar Tetapkan Status KLB Wabah Difteri

Pupu menegaskan kondisi bocah itu berangsur membaik setelah mendapatkan perawatan intensif pihak RSHS Bandung. Kini Dinkes Bandung Barat bergerak mengantisipasi wabah difteri.

"Kita berupaya dengan segala cara agar difteri tak menyebar ke wilayah lainnya. Untuk biaya korban selama dirawat di rumah sakit, semuanya akan ditanggung pemerintah daerah," ujar Pupu.

Baca juga: Dinkes Jabar: 13 Orang Meninggal Terserang Difteri

Untuk di Kabupaten Bandung, tercatat empat orang terkena difteri. Tiga di antaranya sudah sembuh.

"Satu orang lagi masih menjalani perawatan di RSHS Bandung," kata Kadinkes Kabupaten Bandung Ahmad Kustiadji via telepon.

Dia menuturkan pada tahun ini terjadi empat kasus difteri. Satu orang yang masih perawatan di RSHS Bandung mulai membaik.

"Kondisinya stabil, relatif tidak parah dan sudah dua hari dirawat," ucap Ahmad.

Difteri merupakan penyakit menular yang disebabkan infeksi bakteri. Umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed