detikNews
Sabtu 02 Desember 2017, 18:48 WIB

Hadapi Bencana Alam, Polantas Polda Jabar Ikut Diterjunkan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Hadapi Bencana Alam, Polantas Polda Jabar Ikut Diterjunkan Ilustrasi Polantas/Foto: Rengga Sancaya
Bandung - Bencana alam masih menghantui wilayah Jawa Barat. Polisi lalu lintas (Polantas) Polda Jawa Barat ikut turun tangan menghadapi ancaman bencana alam.

"Kita ikut siaga karena mengamati kondisi saat ini musim hujan, hubungannya dengan bencana alam pasti ada," ucap Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jabar AKBP Mahyudin kepada detikcom via telepon, Sabtu (2/12/2017).

Menurut Mahyudin bencana alam seperti longsor maupun banjir tentunya akan memutus akses jalan bagi masyarakat. Sehingga untuk mengatasi hal itu, polantas diperlukan di tengah-tengah masyarakat.

"Kalau terjadi bencana hingga memutus akses jalan, yang berperan utama itu kita. Jadi kita siagakan anggota supaya kalau terjadi, bisa langsung mengalihkan kendaraan ke jalur yang bisa dilalui," tuturnya.

Berdasarkan pemetaan, kata Mahyudin, wilayah Priangan Timur merupakan wilayah yang paling diwaspadai. Sebab wilayah tersebut rentan akan bencana tanah longsor.

"Untuk seluruh wilayah Jawa Barat kita waspadai. Cuma yang memang jadi perhatian di Priangan Timur ini," katanya.

Untuk menghadapi bencana, 400 personel Ditlantas Polda Jabar dikerahkan. Jumlah ini belum ditambah personel polantas di setiap Polres jajaran.

"Ketika ada bencana, pengalihan arus kita serahkan ke Polres-Polres karena mereka yang tahu wilayahnya," tandasnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com