Akhir Jabatan Ridwan Kamil-Oded, PKL Cicadas Masih Belum Ditata

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 29 Nov 2017 15:30 WIB
PKL Cicadas/Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Sudah memasuki akhir jabatan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial belum mampu melakukan relokasi PKL Cicadas. Padahal penataan PKL Cicadas adalah salah satu janji kampanye keduanya.

Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Tim Satgassus PKL Oded M Danial mengaku selama empat tahun menjabat pihaknya sudah melakukan sejumlah penataan PKL yang melibatkan semua sektor pemerintahan.

Dari hasil tersebut beberapa di antaranya seperti PKL Kepatihan, Dalam Kaum, Merdeka, Cihampelas, Kosambi dan Gelapnyawang telah berhasil dilakukan penataan. Termasuk PKL skala kecil di sejumlah kecamatan.

"Nah sisanya adalah PR kita dan yang paling krusial. Itu adalah Cicadas," ujar Oded saat ditemui di Balai Kota Bandung usai menghadiri Rapat Evaluasi Satgassus PKL, Rabu (29/11/2017).

Menurut Oded khusus PKL Cicadas pihaknya masih menunggu keputusan dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Sebab dari hasil rapat terakhir PKL di Cicadas harus tetap dilakukan penataan agar tidak kumuh.

"Jangka panjangnya kita perlu menyiapkan anggaran. Karena kalau mengandalkan CSR tidak bisa, persoalannya ini besar ada sekitar 600 PKL," katanya.

Oded mengatakan sejumlah upaya untuk penataan PKL Cicadas sudah dilakukan seperti merelokasi ke salah satu mal terdekat. Namun hasilnya nihil karena kurang memadai sehingga PKL kembali berjualan di tempat semula.

Sehingga, kata Oded, pihaknya masih menunggu keputusan Ridwan Kamil terkait penataan PKL Cicadas. "Ada wacana mau dibuat seperti Teras Cihampelas, ada juga relokasi PKL menjadi satu tempat. Tapi itu belum bisa kita putuskan masih menunggu Pak Wali," katanya.

Oded berharap permasalah PKL Cicadas bisa diselesaikan pada akhir tahun ini. "Maksimal (selesai) di akhir masa jabatan saya dan Pak Wali. Nanti PKL bukan lagi Pedagang Kaki Lima tapi Pengusaha Kreatif Lapangan," tandas pria berkacamata itu.

Seperti diketahui pada masa kampanyenya Ridwan Kamil dan Oded M Danial berjanji akan melakukan penataan terhadap PKL, salah satunya yang berada di Cicadas.

Bahkan dikutip pada berita 25 Agustus 2015 silam, Ridwan Kamil berjanji menyelesaikan permasalahan PKL Cicadas pada tahun 2015. Namun hingga menjelang akhir masa jabatan keduanya pada awal tahun 2018, PKL Cicadas masih belum 'tersentuh'.

"Doakan saja. Lancar atau tidak lancarnya semuanya sedang dalam proses, insya allah paling telat 2015 ada perubahan di kawasan Cicadas," janji Emil. (avi/avi)