DetikNews
Jumat 24 November 2017, 11:49 WIB

Pilgub Jabar 2018

Koalisi Zaman Now Resmi Usung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu

Mukhlis Dinillah - detikNews
Koalisi Zaman Now Resmi Usung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu resmi diusung Koalisi Zaman Now terdiri PKS, Demokrat dan PAN. (Foto: istimewa)
Bandung - Koalisi Zaman Now gabungan PKS, Demokrat dan PAN resmi mengusung pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu untuk menghadapi Pilgub Jabar 2018. Kedua pasangan tersebut tinggal menunggu SK dukungan dari DPP partai masing-masing.

Keputusan mengikat duet Deddy-Syaikhu tertuang dalam penandatanganan kerja sama antara Pjs Ketua DPW PKS Jabar Nur Supriyanto dengan Ketua DPD Demokrat Jabar Irfan Suryanagara dan Ketua DPW PAN Ahmad Najib pada Jumat (24/11/2017) dini hari.

Baca juga:Usung Demiz, PAN dan Demokrat Akui Bentuk Koalisi Zaman Now

Dalam pertemuan itu juga dihadiri Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu. Penandatanganan kerja sama tersebut juga diperlihatkan langsung kepada keduanya.

"Alhamdulillah, proses pelengkapan dukungan formal untuk pasangan Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu berhasil dituntaskan. Tiga partai (PKS, Demokrat dan PAN), resmi menandatangani MoU pengusungan," kata Nur saat dihubungi detikcom.

Ia menyebut PKS dan Demokrat sudah bulat menyetujui pasangan Deddy-Syaikhu. Sedangkan PAN mendukung Deddy dan menyerahkan sepenuhnya nama calon wakil gubernur kepada partai koalisi.

"Di tempat yang sama, saya tanyakan langsung ke Bang Deddy Mizwar, apakah ada calon wagub selain Ahmad Syaikhu? Deddy Mizwar menegaskan tidak ada," tutur Nur.

Koalisi Zaman Now sudah mencukupi untuk mengusung pasangan Deddy-Syaikhu dengan 28 kursi. Meski begitu, pihaknya masih membuka peluang untuk partai lain bergabung dalam barisan koalisi. Terutama partai Gerindra.

"Kami akan tetap membuka peluang kepada partai-partai lain untuk masuk dalam barisan koalisi ini," kata Nur.

Baca juga: Pengamat: Gerindra Lebih Baik Gabung dengan Koalisi Zaman Now

Ketua DPD Demokrat Jabar Irfan Suryanagara menuturkan kerja sama antar partai di Koalisi Zaman Now dilakukan sebagai pengikat terhadap pasangan Deddy-Syaikhu. Sehingga, sambung dia, pasangan tersebut ini tinggal menunggu SK dari DPP partai.

Ia mengatakan nantinya akan ada deklarasi terhadap pasangan Deddy-Syaikhu yang dilaksanakan DPP secara bersamaan. Namun, sambung Irfan, pihaknya belum bisa memastikan deklarasi tersebut kapan berlangsung.

"Seremonial tunggu waktu pas. Secara administrasi ada (SK dukungan DPP). MoU saat ini sebagai pengikat saja," ucap Irfan.

Dukungan ini menandakan Deddy-Syaikhu merupakan pasangan pertama yang mengantongi tiket maju di Pilgub Jabar. Kandidat lainnya, Ridwan Kamil, masih menunggu pendamping yang akan diputuskan koalisi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed