DetikNews
Kamis 23 November 2017, 22:39 WIB

Dirut KAI Cek Evakuasi Tanah Longsor Timbun Rel di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Dirut KAI Cek Evakuasi Tanah Longsor Timbun Rel di Garut Dirut KAI Edi Sukmoro memantau langsung rel kereta yang tertimbun longsor di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengecek rel kereta tertimbun tanah longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ia menyambangi delapan titik longsor yang menutup jalur kereta api.

Edi mengontrol langsung aktivitas alat berat mengevakuasi material longsor. Sejumlah petugas KAI turut menyingkirkan tanah menggunakan cangkul. Titik terparah itu berada di Kampung Ciherang, Desa Cihaurkuning.

Di lokasi tersebut longsoran tebing menimbun badan rel sepanjang hampir 100 meter. "Ya karena terlihat bahwa longsoran ini bukan di satu titik kan ya, jadi pas kita turunin semuanya ada delapan titik. Pasti paling berat ya ini (area Ciherang), tapi yang lain juga ada meskipun bisa dikerjakan secara manual," ucap Edi di lokasi longsor, Kampung Ciherang, Kamis (23/11/2017).

Dia berharap tumpukan tanah longsor itu dapat dievakuasi seluruhnya hingga Kamis (24/11/2017). Saat ini tinggal satu titik longsor yang tanahnya masih menutupi rel.

"Kita berharap ini bisa selesai nanti pagi (besok Kamis) lah ya. Jam satu atau jam dua bisa selesai," katanya.

"Sebenarnya, dampak langsung materi sih buat kami enggak ada perhitungan, karena penumpang ini sebetulnya yang kasihan. Karena mereka kan mungkin punya appointment, punya rencana, dampaknya nih cukup lumayan," tutur Edi menambahkan.

Menurut dia, PT KAI siap mengembalikan uang milik penumpang yang batal berangkat kereta api gara-gara rel terhalang longsor.

"Semua konsekuensi kita lakukan. Kita juga informasikan jauh sebelumnya. Upayakan supaya penumpang itu tahu kapan dia bisa jalan," ujar Edi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed