DetikNews
Rabu 22 November 2017, 17:51 WIB

Menteri Siti Ajak Warga Garut Tanam Pohon dan Jaga Lingkungan

Hakim Ghani - detikNews
Menteri Siti Ajak Warga Garut Tanam Pohon dan Jaga Lingkungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat menghadiri acara di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meresmikan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk di Kabupaten Garut yang rusak diterjang banjir bandang pada 2016. Siti mengajak warga Garut untuk menanam pohon dan menjaga lingkungan.

Kegiatan program tersebut berlangsung di Blok Cihurang, Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (22/11/2017). Selian Siti, turut hadir Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Bupati Garut Rudy Gunawan, Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Infanteri Joko Hadi Susilo, Dandim 0611 Garut Letkol Infanteri Setyo Hani Susanto dan Kapolres Garut AKBP Novri Turangga.

Dalam sambutannya, Siti mengapresiasi semua pihak yang konsisten melakukan rehabilitasi lingkungan di Garut pascabanjir bandang pada 2016. "Pesannya yang penting sinergitas pusat dan daerah. Rehabilitasi ini kita lakukan untuk menahan erosi. Menahan runoff," ucap Siti.

Ia menilai Pemkab Garut dan Pemprov Jabar bekerja penuh perjuangan dalam upaya merehabilitasi kawasan terdampak banjir bandang di Garut. "Saya lihat ini bisa jadi contoh yang baik. Kita lakukan rehabilitasi setelah banjir bandang tahun lalu," katanya.

"Pemda Jabar dan Pemda Garut gigih ke Jakarta untuk rapat-rapat tentang ini. Jadi perjuangan Pemdanya luar biasa," ujar Siti menambahkan.

Di sela kegiatan tersebut, Siti mengajak masyarakat Garut peduli lingkungan dengan cara menanam pohon. "Jangan lupa nanti menanam pohon lagi. Saya berterima kasih bahwa Jawa Barat selalu dalam suasana ingin memelihara lingkungan," tutur Siti.

Sedianya rangkaian acara ini dilengkapi aksi penanaman 25 bibit pohon. Namun hujan deras yang mengguyur lokasi acara membuat agenda itu urung berlangsung. Pada kesempatan itu Kementerian LHK membagikan sejumlah bibit tanaman gratis kepada masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi acara.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed