DetikNews
Selasa 21 November 2017, 16:33 WIB

Musim Hujan, Pemkot Bandung Waspadai Pohon Berumur 50 Tahun

Tri Ispranoto - detikNews
Musim Hujan, Pemkot Bandung Waspadai Pohon Berumur 50 Tahun Pohon tumbang di Bandung pada musim hujan sebelumnya/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Kota Bandung saat ini tengah memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi dan cuaca ekstrem. Salah satu yang harus diwaspadai adalah pohon tumbang yang bisa mengakibatkan kerugian materil hingga korban jiwa.

Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman Prasarana Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan dari sensus terakhir terdapat 1,98 juta pohon di Kota Bandung.

"Yang kira-kira berumur di atas 50 tahun tinggal 400-600 pohon. Hampir semuanya kita jamin dalam keadaan sehat," ujar Arif dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Selasa (21/11/2017).

Arif mengatakan dengan intensitas hujan yang tinggi disertai angin, pohon yang berumur di atas 50 tahun tersebut memiliki potensi yang berbahaya. Meski dalam keadaan sehat, namun cabang dan akar pohon dikhawatirkan rapuh terlebih saat hujan disertai angin menerjang.

Untuk itu pihaknya secara intensif melakukan monitoring terhadap pohon-pohon yang berusia di atas 50 tahun dengan cara memangkas dahan agar mengurangi beban pohon.

"Kami memohon maaf bukan maksudnya mengurangi keteduhan pohon dan menyebabkan polutan. Tapi ini bentuk pencegahan agar beban pohon berkurang," ucapnya.

Menurut Arief soal pohon tumbang tidak bisa diprediksi. Sebab secara sensus dan pemeriksaan seluruh pohon di Kota Bandung dinyatakan sehat. Bahkan tak jarang pohon tumbang malah terjadi pada pohon yang masih berusia muda.

"Kita baru bisa mendeteksi kondisi pohon secara kasat mata. Kalau pohon itu sudah tertutup benalu dan keropos kita nyatakan tidak sehat. Sering kali yang menyebabkan tidak sehat itu di bawah pohon suka dipakai untuk bakar sampah," ucapnya.

Dalam kesempatan itu Arif mengimbau agar masyarakat yang mencurigai pohon dalam kondisi sakit atau membahayakan bisa langsung melapor pada nomor 022 5410403 atau twitter @dpkp3.bdg.

"Kalau ada laporan kita akan sigap merespon. Begitu juga ada pohon tumbang nanti dibantu teman-teman Diskar yang mempunyai peralatan penanggulangan," tandas Arif.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed