Polisi Baik dari Sumedang Ini Kerap Jadi Guru SLB

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 15 Nov 2017 17:28 WIB
Foto: wisma putra
Sumedang - Sudah empat bulan Brigadir Sinta Rahayu Cipitiana menjadi Babinkamtibmas Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun sosoknya sudah dikenal warga, karena kerap membantu terutama masyarakat miskin di Desa Sukajaya.

Dia banyak melakukan banyak hal yang baik di luar tugasnya sebagai Babinkamtibmas. Salahsatunya menjadi tenaga pengajar di SLB Salahudin Al-Yubi. "Saya mengajar di SLB yang berada di desa binaan saya, di desa itu ada sekitar 13 orang siswa berkebutuhan khusus," katanya saat ditemui detikcom di Mapolsek Sumedang Selatan, Rabu (15/11/2017).

Selain itu, motornya ia jadikan perpustakaan keliling. Puluhan buku bacaan dari mulai buku dongeng, komik, novel dan ilmu pengetahuan yang dikemas menggunakan ransel yang ia bawa saat melakukan giat ke sejumlah kampung.

Nantinya buku-buku itu dipinjamkan untuk dibaca oleh anak-anak. "Kegiatan ini saya lakukan untuk menghilangkan anggapan polisi menakutkan di mata anak-anak. Saya punya inisiatif bagaimana cara meraih hati mereka supaya tidak takut lagi melihat sosok polisi yang mengenakan baju seragam dan saya buat inovasi dengan mengajak mereka membaca," ungkapnya.

Puluhan buku itu dikumpulkannya, ada buku koleksinya dan ada yang sengaja dibeli. Menurutnya, anak-anak itu senang dengan adanya perpustakaan keliling. Sebelum membawa buku menggunakan ransel, Sinta membawa buku itu menggunakan box yang ada di motornya, tapi karena ia pernah jatuh dari motor dan boxnya pecah, sehingga ia membawa buku-buku itu menggunakan ransel.

Saat disinggung terkait pekerjaannya yang membutuhkan tenaga ekstra dan akan membuat lelah, pasalnya seorang babinkamtibmas harus siap siaga selama 24 jam siang dan malam? "Kalau dikatakan capek, ya capek," ujarnya.

Selain harus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Sinta juga kerap mengantarkan warganya yang sakit ke rumah sakit bersama bidan desa. Hari ini pun, Sinta mengantarkan warganya yang memilki gangguan jiwa selama 10 tahun ke RSHS Bandung.

"Sudah dua kali mengantarkan warga gangguan jiwa dan masih banyak lagi warga yang melakukan berobat jalan," tuturnya.

Selain memberi bantuan menggunakan uang di saku pribadinya, jika ada warga yang membutuhkan bantuan Sinta juga kerap mengajak teman, saudara dan warga Sumedang lainnya menggunakan medsos miliknya.

"Saya punya inisiatif warga saya yang kurang mampu ke medsos. Bukan saya menjelek-jelekkan aparatur pemerintahan setempat, agar masyarakat tahu keadaan desa saya seperti ini, banyak yang membantu untuk menjadi donatur baik makanan ataupun uang," tambahnya.

Ragam aksi sosial yang dilakukan Brigadir Sinta langsung mendapat pujian dari Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata. Hari sangat mengapresiasi.

"Giatnya melebihi kegiatan seorang Polwan ataupun Polisi laki-laki pada umumnya mengorbankan sebagian gajinya dan dia membantu tanpa pamrih. Saya berharap kepada babinkamtibmas di Wilayah Sumedang untuk busa meniru hal-hal positif seperti yang dilakukan Brigadir Sinta," harapnya.

(ern/ern)