DetikNews
Rabu 15 November 2017, 14:54 WIB

Ragam Aksi Sosial Brigadir Sinta, Polisi Baik dari Sumedang

Wisma Putra - detikNews
Ragam Aksi Sosial Brigadir Sinta, Polisi Baik dari Sumedang Brigadir Sinta/Foto: wisma putra
Sumedang - Sinta Rahayu Cipitiana, Anggota Polwan Polres Sumedang tengah menjadi sorotan masyarakat. Polwan berpangkat Brigadir itu turun langsung membantu kegiatan sosial.

Sinta yang sudah memiliki dua anak itu, saban hari mengabdi sebagai Bhabinkamtibmas Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dia rajin blusukan di daerah tugasnya untuk membantu masyarakat miskin menggunakan uang gajinya. Tak jarang penghasilannya sebagai anggota Polisi di sumbangkan Sinta untuk membangun fasilitas umum milik warga salah satunya tempat mandi cuci kakus (MCK).

"Kegiatan utama sebagai Bhbinkamtibmas door to door (ke masyarakat), silaturahmi, sambang, penyuluhan, imbauan kamtibmas dan kalau ada masyarakat yang memiliki masalah yang harus diselesaikan saya selesaikan sebelum ke tingkat atas (problem solving)," kata Sinta saat ditemui detikcom di Kapolsek Sumedang Selatan, Rabu, (15/11/2017).

Menurutnya meski ia sudah memiliki keluarga, gajinya sebagai Anggota Polri rela ia sisihkan demi membantu masyarakat. "Warga binaan saya masyarakatnya menengah ke bawah jadi saya merasa iba, pernah saya buatkan juga MCK di rumah salah satu warga karena saya kasihan ada nenek-nenek harus mengambil air dengan jarak yang sangat jauh," ungkap Sinta.

Sudah empat bulan Sinta menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Sukajaya. Sebelumnya ia bertugas di Unit Serse PPA Satrerskrim Polres Sumedang.

"Jadi Bhabinkamtibmas atas keinginan saya sendiri dan dorongan atasan saya untuk turun langsung ke lapangan. Kesannya, saya sangat menikmati pekerjaan saya karena dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat, apa yang masyarakat butuhkan dan apa yang masyarakat keluhkan saya mencoba membantunya" ujarnya.


Brigadir Sinta dan Kapolsek Sumedang Selatan Kompol Dilam Brigadir Sinta dan Kapolsek Sumedang Selatan Kompol Dilam Foto: wisma putra


Kapolsek Sumedang Selatan Kompol Dilam mengatakan, di matanya sosok Brigadir Sinta tidak mengenal waktu dalam menjalankan tugasnya. "Mau malam atau siang dia tidak mengenal waktu untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Detikcom berkesempatan mengunjungi desa binaan Brigadir Sinta di Desa Sukajaya tepatnya di Kampung Dermaga. Lokasinya berada di pegunungan sekitar 15 KM dari Polsek Sumedang Selatan. Untuk sampai ke kampung ini, Sinta menggunakan motor pribadinya.

"Inilah lokasi tempat Sinta bertugas, lokasinya ada di pegunungan, masih banyak pohon bambu dan jalannya seperti ini (jalan tanah merah)," ujarnya.

Sebagai Polwan yang menjadi Bhabinkamtibmas adaptasinya sangat cepat dengan waktu yang begitu singkat. "Dia baru empat jadi Bhabinkamtibmas, adaptasinya cepat dan dia mau berdekatan dengan masyarakat. Kenapa cepat? karena seorang Bhabinkamtibmas wajib berdekatan dengan masyarakat jadi cepat adaptasinya," jelas Dilam.

Kecamatan Sumedang Selatan terdiri 10 Desa 4 Kelurahan dari 14 Desa dan Kelurahan itu tiga desa/kelurahan di Kecamatan Sumedang Selatan memiliki Bhabinkamtibmas seorang Polwan.

Sebagai atasan di Polsek Sumedang Selatan, Dilam berharap mudah-mudahan kiprah Sinta, Polwan yang menjadi Babinkamtibmas menjadi cermin banyak masyarakat. "Sebagai Polwan sepak terjangnya tidak kalah dengan Polisi Laki-laki," pungkasnya.

Salah satu yang mendapat manfaat dari aksi sosial Sinta adalah Mak Ayum, seorang Lansia berumur 93 tahun warga Kampung Dermaga, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan. Ia mendapat bantuan MCK dari Brigadir Sinta.

"Alhamdullilah Bu Sinta sudah buatkan MCK buat ema, sekarang kalau mau ke air tidak jauh-jauh lagi numpang ke tetangga," ujar Ma Ayum saat dikunjungi Kapolsek Sumedang Selatan Kompol Dilam di kediamannya.

MCK berukuran sekitar 2,5×1,5 meter itu dibangun di sebelah rumahnya dengan bantuan dana sekitar 1,5 juta yang dikeluarkan langsung dari saku Brigadir Sinta.

Nenek yang memiliki delapan anak dan 21 orang cucu dan cicit ini merasa terbantu dengan kehadiran Brigadir Sinta sebagai sosok Polwan yang membantu masyarakat di Desa Sukajaya.

Sebelum dibangunkan MCK Ma Ayum harus berjalan sejauh tiga kilo meter ke rumah tetangga atau ke sungai yang lokasinya berada di bawah rumahnya. "Terbantu sekali warga sini oleh Bu Sinta," ucapnya.
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed