DetikNews
Rabu 15 November 2017, 11:59 WIB

Pengamat: Perebutan Wakil Deddy Mizwar di Pilgub Jabar akan Sengit

Mukhlis Dinillah - detikNews
Pengamat: Perebutan Wakil Deddy Mizwar di Pilgub Jabar akan Sengit Foto: Wagub Deddy Mizwar (Hakim-detikcom)
Bandung - Perebutan posisi pendamping Deddy Mizwar di Pilgub Jabar antara Gerindra dan PKS akan sengit. Sebab, kedua partai mengklaim punya hak menempatkan kadernya berpasangan dengan Wakil Gubernur Jabar itu.

Sejauh ini partai pengusung Deddy yakni Gerindra, PAN, Demokrat dan PKS. Namun, hanya PKS saja yang belum bergabung dalam koalisi poros baru bentukan Demokrat, PAN dan Gerindra.

"Kalau Demokrat dan PAN usung Demiz (tidak mengajukan kader), lalu kemudian wakil itu diberikan ke PKS dan Gerindra," kata Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan saat dihubungi via telepon genggam, Rabu (15/11/2017).

Ia menuturkan, sengitnya perebutan posisi pendamping Demiz terlihat dari penolakan Gerindra terhadap PKS. Gerindra berpendapat PKS tidak punya hak lantara bukan anggota koalisi poros baru.

"Sekarang Gerindra masih menolak kursi wakil diserahkan ke PKS. Gerindra merasa bahwa itu hak Gerindra dalam konteks poros baru, karena kerja sama keduanya berakhir," ungkap dia.

"Ya (sengit), dinamika untuk mencapai kompromi dalam tensi yang tinggi," kata Firman menambahkan.

Menurutnya penyelesaian perebutan posisi Cawagub Jabar ini ada pada Demokrat dan PAN. Kedua partai tersebut bisa memilih figur mana yang lebih pantas menemani pria berjuluk 'Jenderal Naga Bonar' tersebut.

Ia berpandangan bukan tidak mungkin salah satu di antara Gerindra atau PKS ditinggalkan partai koalisi pengusung Deddy. Sebab, sambung dia, persyaratan formal minimal 20 kursi, sudah mencukupi hanya dengan tiga partai.

"Kalau tidak selesai perdebatan PKS dan Gerindra, peluangnya ada salah satu partai ditinggalkan Demokrat dan PAN. Terutama partai yang tidak diakomodir dalam posisi wakil," kata Firman.



(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed