DetikNews
Rabu 15 November 2017, 11:09 WIB

Menakar Figur Kandidat Pendamping Deddy Mizwar di Pilgub Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Menakar Figur Kandidat Pendamping Deddy Mizwar di Pilgub Jabar Deddy Mizwar dan istri/Foto: Noel/detikHOT
Bandung - Gerindra dan PKS tengah mengincar posisi pendamping Deddy Mizwar di Pilgub Jabar. Keputusan siapa figur pendamping pria berjuluk 'Jendral Naga Bonar' itu ditentukan partai pendukung lainnya Demokrat dan PAN.

Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan mengatakan, figur yang berpeluang mendampingi Deddy yakni Mulyadi dari Gerindra dan Ahmad Syaikhu kader PKS. Keduanya punya keunggulan masing-masing.

"Sejauh ini kemungkinannya Gerindra mendorong Pak Mulyadi dan PKS Ahmad Syaikhu meski belum final juga. Tapi yang jelas keduanya punya keunggulan," kata Firman saat dihubungi via telepon genggam, Rabu (15/11/2017).

Ia menuturkan Ahmad Syaikhu memiliki pengalaman duduk dalam pemerintahan sebagai Wakil Wali Kota Bekasi. Modal ini, sambung dia, bisa menjadi pertimbangan partai koalisi untuk memilihnya sebagai pendamping Demiz.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Mulyadi mempunyai jiwa kepemimpinan yang tegas dan berani. Pria yang juga Ketua Gerindra Jabar beberapa kali berbeda pendapat dengan elit politik di pusat soal Pilgub Jabar.

"Mana yang lebih unggul kembali itu persoalan kebutuhan apa yang diperlukan melengkapi Demiz," ungkap dia.

Menurutnya, paket pasangan itu idealnya saling melengkapi satu sama lain dalam berbagai aspek. Dengan begitu, sambung dia, pasangan itu bisa saling mengisi kekurangan satu sama lain.

"Kalau kita lihat pengalaman, Demiz dan Syaikhu punya kesamaan (sama-sama wakil). Kalau mencoba mencari perbedaannya, sebetulnya pak Mulyadi lebih punya potensi melengkapi apa yang tidak dimiliki Demiz," kata Firman.

Seperti diketahui, sejauh ini Demokrat, PAN, Gerindra dan PKS sudah menyatakan keinginannya mengusung Demiz sebagai Cagub Jabar. Hanya saja posisi wakil akan diperebutkan Gerindra dan PKS.
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed