DetikNews
Selasa 14 November 2017, 11:37 WIB

Kerkhof Garut, Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Zaman Now

Hakim Ghani - detikNews
Kerkhof Garut, Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Zaman Now Foto: Hakim Ghani
Garut - Banyak tempat peninggalan Belanda di Garut, Jawa Barat yang dimanfaatkan untuk aktivitas warga hingga saat ini. Tak hanya gedung, beberapa tempat berbau mistis pun kini masih dimanfaatkan.
Salah satunya adalah Kerkhof. Kerkhof atau yang lebih dikenal warga dengan pelafalan 'kerkop' merupakan sebuah kuburan peninggalan Belanda yang kini dijadikan tempat berolahraga oleh warga Garut.
Kerkhof mulai berdiri sejak tahun 1923. Dalam bahasa Belanda, Kerkhof memiliki arti halaman gereja. Luasnya terhampar sekitar 2 hektare.
Kerkhof terletak di Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut. Letaknya saat ini tak jauh dari SMAN 1 Garut di sebelah timur dan bundaran Leuwi Daun di sebelah barat.
Sejak tahun 1923, Kerkhof diperuntukan sebagai tempat mengubur jasad orang Belanda atau orang eropa lainnya yang meninggal di Garut.
"Memang awalnya kuburan Belanda. Dahulu, ada ratusan makam orang Belanda dan Eropa lain di sini. Berfungsi sejak tahun 1923 hingga kurang lebih sampai tahun 1981-an," ungkap salah seorang sejarawan Garut, Warjita kepada detikcom di lapangan Kerkhof, Selasa (14/11).

Kerkhof Garut, Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Jaman NowFoto: Hakim Ghani
Pada tahun 1981, Kerkhof mulai berubah fungsi. Pemerintah Garut yang mulai berbenah saat itu memutuskan untuk merelokasi dan merubah fungsi makam Belanda itu.
"Mulai tahun 1981, jasad yang di makamkan di Kerkhof dipindahkan ke TPU Santiong di (Kecamatan) Karangpawitan. Hingga tahun 1984, proses pemindahan jasad terus berlangsung," katanya.
Warjita menjelaskan, setelah periode 1981-1984, Kerkhof mulai menjalankan fungsi barunya. Di masa pemerintahan Bupati Taufik Hidayat (1983-1988), Kerkhof sempat menjadi lapangan pacuan kuda.
"Setelah jadi lapang pacuan kuda, Kerkhof berganti fungsi jadi sarana olahraga," ungkapnya.

Kerkhof Garut, Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Jaman NowFoto: Hakim Ghani
Setelah menjadi area pacuan kuda, Kerkhof kemudian digunakan warga untuk sarana berolahraga. Pada tahun 2003, Bupati Garut saat itu, Dede Satibi mengubah nama Kerkhof menjadi Sarana Olahraga (SOR) Merdeka.
Hingga saat ini, ratusan bahkan ribuan warga mengunjungi Kerkhof untuk berolahraga. Terutama saat akhir pekan. Pemerintah Kabupaten Garut selaku pengelola saat ini juga menambah sejumlah fasilitas pendukung lain seperti lapangan basket dan voli.



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed