DetikNews
Selasa 14 November 2017, 10:25 WIB

Unik, Bunga Bangkai Bertunas Tiga Tumbuh di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Unik, Bunga Bangkai Bertunas Tiga Tumbuh di Sukabumi Sejumlah siswa mengamati bunga bangkai yang tumbuh di halaman SMPN 10 Kota Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Bunga bangkai tumbuh di area SMPN 10 Kota Sukabumi, Jawa Barat. Bunga bangkai ini terbilang unik, selain tumbuh di halaman belakang sekolah, bunga merah tua kecokelatan dan hijau itu memiliki tiga buah tunas.

Temuan bunga bangkai ini dimanfaatkan guru dan siswa di sekolah yang berlokasi di Jalan Saniin, Kecamatan Warudoyong, tersebut untuk dijadikan bahan penelitian. Belasan siswa terlihat sibuk mencatat penjelasan dari salah seorang guru.

"Bunga bangkai ini ditemukan secara tidak sengaja oleh pengurus kebun pada Minggu (12/11/2017). Uniknya, bila kita lihat fenomena penemuan bunga seperti ini biasanya tunasnya hanya satu, tapi di sini tunasnya sampai tiga," kata Kepala Sekolah SMPN 10 Agus Mulyana kepada detikcom, Selasa (14/11/2017).
Unik, Bunga Bangkai Bertunas Tiga Tumbuh di SukabumiBunga bangkai memiliki tiga buah tunas. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bunga ini setinggi lebih dari 35 sentimeter. Diameter dari bunga yang mekar dari masing-masing tunas berbeda ada yang 15 sentimeter dan 20 sentimeter. Dalam catatan yang sengaja dibuat salah seorang guru, bunga itu bernama latin Amorphophalllus paeoniifolius atau bahasa jawanya bunga Suweg.

"Menurut literatur yang kita baca bunga ini akan mengeluarkan bau bangkai pada sore hari kata guru-guru di sini memang sudah ada yang mencium bau bangkainya. Karena hidupnya hanya 7 hari rencananya nanti setelah mati akan kita awetkan sebagai kenang-kenangan dan bahan penelitian siswa kami," lanjutnya.
Unik, Bunga Bangkai Bertunas Tiga Tumbuh di SukabumiTemuan bunga bangkai ini dimanfaatkan guru dan siswa di sekolah untuk dijadikan bahan penelitian. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Salah satu pelajar, Meisya Maulia Farida, mengaku sangat senang bisa melihat secara langsung bunga yang biasanya hanya dia lihat di layar televisi dan buku-buku pelajaran.

"Senang melihatnya, teman-teman juga banyak yang ambil gambar selfie-selfie. Jadi saya langsung bisa meneliti keadaan bunga itu secara langsung," ucap siswa kelas 9 ini.

Untuk menghindari perusakan, area di sekitar tumbuhnya bunga itu oleh pihak sekolah dipasangi jaring. Di tembok dan tepian jaring terpasang penjelasan mengenai nama dan penjelasan jenis bunga yang tumbuh.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed