DetikNews
Minggu 12 November 2017, 19:08 WIB

Bahagianya Nenek Nameh Saat Gubuknya 'Dibedah' Kapolda Jabar

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Bahagianya Nenek Nameh Saat Gubuknya Dibedah Kapolda Jabar Foto: Luthfiiana Awaluddin
Karawang - Nenek Nameh nampak tertatih-tatih saat keluar rumahnya yang lebih tepat disebut gubuk. Tubuhnya yang sudah bungkuk nampak kesulitan berjalan. Seorang polwan lalu memapah nenek renta berumur 72 tahun itu.

Nameh dikenal sebagai warga yang kurang mampu di lingkungannya. Sejak suaminya meninggal 15 tahun lalu, ia tinggal sendirian di sebuah gubuk. Letaknya di RT06 RW02, Dusun Krajan 2, Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang.

"Letaknya hanya 250 meter dari kantor polisi. Saya lalu laporkan ke Kapolda. Karena beliau pesan untuk mendata warga yang kurang mampu di sekitar kantor polisi," ujar Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan di Mapolsek Majalaya, Minggu (12/11/2017).

Laporan itu lalu segera menjadi berkah bagi mak Nameh. Menjelang hari ulang tahun Brimob ke-72, rumah nenek yang sedang sakit reumatik itu didatangi Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto untuk diperbaiki.

Tak banyak kata-kata keluar dari mulut nenek 3 anak itu. Matanya hanya terpejam saat bersalaman dengan Agung. "Terima kasih pak," ucap Nameh.

Bahagianya Nenek Nameh Saat Gubuknya 'Dibedah' Kapolda JabarFoto: Luthfiiana Awaluddin


Rumah berdinding geribik itu nampak mengenaskan. Selain hampir roboh, rumah itu berlantai tanah. Tak nampak jendela di rumah itu. Terdapat bolong di sana sini. Dari balik lubang, terlihat sejumlah ekor ayam di rumah tersebut.

Menurut Agus Supriadi, aparat desa setempat, Nameh tidak memiliki kasur. "Setiap hari ia tidur di balai - balai bambu yang dijadikan kasur," ungkap Agus. "Kami bahkan mengungsikan sementara mak Nameh ke rumah tetangganya karena sudah hampir satu bulan sakit," kata dia.

Ditemani Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam Indradi, Kapolda memimpin peletakan batu pertama renovasi rumah itu. Ia mengatakan, rumah mak Nameh bakal dibangun ulang dengan bentuk yang lebih layak.

Kapolda mengatakan bedah rumah ini sengaja dilakukan karena mendengar informasi da rumah tak layak huni di dekat Mapolsek Majalaya.

"Saya mendengar ada rumah tak layak huni di wilayah ini. Apalagi mak Nameh dikenal kurang mampu. Karena itu, saya perintahkan Kapolres Karawang untuk membuat program renovasi rumah," kata Agung.

Dalam peringatan HUT Brimob ke-72 itu, Kapolda juga menggelar bakti sosial dan pengobatan gratis di Mapolsek Majalaya. Kedatangannya ke Karawang juga untuk melepas tim Tour de Java. Berisi 71 anggota Brimob yang bersepeda dari Surabaya ke Jakarta. "Saya juga akan memberi semangat kepada rombongan pesepeda Tour de Java," kata Agung.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed