DetikNews
Jumat 10 November 2017, 13:54 WIB

Ibu Inggit dan Ali Sadikin Gagal Jadi Pahlawan Nasional Tahun Ini

Mukhlis Dinillah - detikNews
Ibu Inggit dan Ali Sadikin Gagal Jadi Pahlawan Nasional Tahun Ini Bang Ali-Ali Sadikin/Foto: Edy Wahyono
Bandung - Istri Proklamator RI Soekarno Inggit Garnasih dan Gubernur DKI Jakarta periode 1966-1977 Ali Sadikin gagal berstatus Pahlawan Nasional tahun ini. Pengajuan gelar pahlawan keduanya terkendala administratif.

Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Jumat (10/11/2017).

"Persyatannya (administrasi) kita perbaiki. Kita tidak akan ajukan nama baru sebelum yang lama tuntas," kata Aher kepada wartawan.

Selain Inggit Garnasih dan Ali Sadikin, Pemprov Jabar juga mengajukan tokoh pendidikan dan emansipasi wanita asal Garut Lasminingrat, dan KH Ahmad Sanusi sebagai tokoh perjuangan dari Sukabumi.

Pengajuan para tokoh menjadi Pahlawan Nasional asal Jabar ini sudah dilakukan, namun belum berhasil karena adanya kendala administratif. Di antaranya seperti kelengkapan naskah, narasi, dan lainnya.

"Mungkin tahun depan fokus mengajukan yang sudah diajukan tapi belum lolos ini. Kan ada kesempatan tiga kali ajukan. semuanya hanya ada masalah administrasi. Bukan tidak layak, semua yang belum diangkat jadi Pahlawan Nasional tidak ada yang tidak bisa diterima," kata Aher.

Dalam kesempatan itu, Aher bersama Wagub Deddy Mizwar, Waka Polda Jabar Brigjen Supratman dan Wakil Wali Kota Bandung mengikuti upacara peringatan pahlawan di TMP Cikutra Bandung. Prosesi berjalan hikmat.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed