ADVERTISEMENT

Keren, Buruh di Karawang Hiasi Gang Kampungnya dengan Lukisan 3D

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Selasa, 31 Okt 2017 16:08 WIB
Foto: Luthfiiana Awaluddin
Karawang - Lukisan tiga dimensi (3D) makin ngetren. Setelah sekelompok pemuda di Depok melukis gambar 3D di jalanan lingkungan mereka, seorang buruh di Karawang, Jawa Barat melakukan hal serupa.

Ridwan Sutiawan namanya. Pemuda kelahiran Karawang, 23 tahun lalu itu melukis belasan mural dan 4 gambar 3D di jalanan Dusun Pasir Buah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur.

Ia mengaku terinspirasi dari anak muda di Depok yang telah membuat lingkungan mereka terkenal. "Ini untuk menyalurkan hobi saja. Daripada jalan polos aja kan, mending saya gambar," kata Ridwan saat ditemui detikcom di rumahnya, Selasa (30/10/2017).

Baca juga: Mantap! Lukisan 3D Jalanan Karya Remaja di Depok

Biasanya, Ridwan menggambar setiap libur bekerja. Pada malam hari, ketika anak seusianya sibuk keluyuran, Ridwan menghabiskan malam untuk menggambar aspal jalan di lingkungan tempat tinggalnya. "Biasanya jam 10 malam sampai subuh. Karena jalanan sudah sepi," ungkapnya.

Buruh yang bekerja pada vendor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia itu bahkan rela menyisikan gaji untuk membeli cat, kuas dan minyak. "Ini cat murah aja sih, saya beli cat kiloan. modalnya cuma puluhan ribu (rupiah)," ujarnya.

"Meski tak dibayar. Saya senang saat pagi - pagi warga tertarik dan berfoto di gambar saya. Capek pun terbayar lah," ungkap Ridwan, yang mengaku belajar menggambar secara otodidak.

Karya-karya Ridwan memang menarik perhatian sejumlah warga. Tak sedikit orang tua atau muda mengerubungi jalan di Dusun Pasir Buah untuk sekedar berfoto dengan latar lukisan buatan Ridwan.

Gambar air terjun misalnya, Ridwan membuat seolah - olah jalan aspal itu merekah retak. Air berwarna biru nampak kontras jika dilihat dari sudut yang pas. Rekahan aspal juga nampak nyata. Tak lupa, ia menambah jembatan kayu di atas genangan air. "Supaya seolah - olah orang tak masuk ke dalam rekahan itu," ungkapnya.

"Yang ini gambar favorit saya. Tapi belum dikasih nama. Inspirasinya sih setelah melihat gambar internet. Saya lihat lukisan 3D di luar negeri," kata Ridwan.

Keren, Buruh di Karawang Hiasi Gang Kampungnya dengan Lukisan 3DFoto: Luthfiiana Awaluddin


Eem, seorang ibu runah tangga terlihat asyik berfoto di gambar itu. Ia berpose bersama anaknya yang bernama Dea. Meski tinggal di kampung yang berbeda, ia sengaja datang ke Pasir Buah untuk berfoto di lukisan 3D karya Ridwan. "Soalnya udah ramai di facebook. Anak saya jadi penasaran dan ingin difoto di Pasir Buah," kata Eem Senin (30/10/2017).

Selain gambar rekahan aspal, Ridwan juga membuat gambar kubus melayang dan anak tangga. Kedua gambar itu dibuat di gang sempit dekat rumahnya. "Kalau difoto di sini seolah - olah melayang. Karena saya tambahkan gambar bayangan di kubus ini," kata Ridwan.

Ridwan juga seolah - olah menyulap gang depan rumahnya menjadi sungai kecil. Dia menggambar rumput di pinggiran gang dan sungai jernih di tengahnya. Bebatuan, rumput dan air terjun juga nampak nyata jika terlihat di sudut atas. "Tapi yang ini sudah hampir pudar. Soalnya banyak yang lewat,"

Untuk seluruh gambar 3D buatannya. Ridwan telah menghabiskan 5 Kg cat tembok dan sejumlah kuas. Keahliannya juga makin dikenal orang. "Saya pernah diminta teman menggambar di Purwakarta dengan bayaran Rp 100. Lumayan lah," kata Ridwan.

Ia pun mengaku bakal terus menggambar mural dan lukisan 3D di lingkungannya. "Lagian rencana ini sudah dapat dukungan keluarga dan RT juga," kata dia.

Keren, Buruh di Karawang Hiasi Gang Kampungnya dengan Lukisan 3DFoto: Luthfiiana Awaluddin
(ern/ern)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT