Ratusan Warga Garut Sisir Sungai Cimanuk Punguti Sampah

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 29 Okt 2017 18:18 WIB
Foto: Hakim Ghani
Garut - Ratusan warga Garut Jawa Barat turun ke bantaran Sungai Cimanuk untuk membersihkan sampah. Mereka menyisir 2 kilometer bantaran sungai untuk memunguti sampah.

Aksi bersih-bersih Sungai Cimanuk ini digagas oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut. Ratusan warga memunguti sampah yang ada di bantaran Sungai Cimanuk, Kecamatan Bayongbong, Minggu (29/10).

"Kita mengajak masyarakat untuk menjaga alam. Salah satunya dengan membersihkan sungai seperti ini. Jika tidak ada sampah di sungai, insya Allah tidak terjadi banjir," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Garut Dadi Djakaria kepada wartawan di Jalan Raya Bayongbong, Garut, Minggu (29/10).

Ratusan Warga Garut Sisir Sungai Cimanuk Punguti SampahFoto: Hakim Ghani

Ratusan warga tersebut berasal dari berbagai komunitas yang ada di Garut. Selumlah warga dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Bayongbong juga ikut dalam aksi ini.

"Kami secara bersama-sama menyisir sekitar 2 kilometer bantaran Sungai Cimanuk untuk memunguti sampah," katanya.

Selain bersama-sama dengan warga membersihkan sampah yang ada di Sungai Cimanuk, BPBD juga memberikan sekolah sungai kepada ratusan peserta aksi ini.

"Sekolah sungai isinya mengajarkan warga agar mengetahui cara-cara penanggulangan bencana. Dimulai dengan upaya-upaya mitigasi atau gerakan pengurangan risiko bencana (PRB)," katanya.

"Kami rangkul juga para pemuda di Garut, apalagi ini momennya bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kami harap pada pemuda tumbuh rasa mencintai alam, agar mereka bisa menjaganya," pungkas Dadi.

Ratusan Warga Garut Sisir Sungai Cimanuk Punguti SampahFoto: Hakim Ghani
(ern/ern)