DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 20:34 WIB

Pemkot Bandung Fasilitasi 100 Pemuda Kiaracondong Belajar Mosaik

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung Fasilitasi 100 Pemuda Kiaracondong Belajar Mosaik Peserta pelatihan mosaik/Foto: dok Dispora Kota Bandung
Bandung - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung memberi pelatihan kepada pemuda di Kiaracondong untuk membuat mosaik. Kabid Pengembangan dan Infrastruktur Kepemudaan Dispora Kota Bandung Win Sepridjal mengatakan seminar yang berjudul Spirit Pemuda Kreatif (Speak) Bandung itu difokuskan dalam pelatihan pemuda untuk membuat mosaik dalam penataan ruang publik dan lingkungan di perkotaan.

"Seminar tadi diikuti oleh 100 pemuda Kiaracondong berumur 16-30 tahun. Mereka mendapat ilmu dan pelatihan soal mosaik," ujar Win saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Senin (23/10/2017).

Win mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemuda di daerah dalam pemanfaatan barang bekas. Salah satunya dengan membuat mosaik agar nantinya bisa dikembangkan menjadi usaha baru.

"Ini bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan kreativitas pemuda. Kita beri inovasi baru agar nanti mereka bisa memanfaatkan barang bekas hingga memiliki nilai jual," ucapnya.

Selain menjadi sarana usaha baru, diharapkan seni mosaik yang dipelajari oleh peserta bisa menjadi sarana kreatifitas pemuda untuk mempercantik ruang publik dan lingkungan di tempat tinggal masing-masing.

Rencananya seminar tersebut akan digelar selama sebulan dengan lokasi berkeliling ke hampir seluruh kecamatan di Kota Bandung. "Kita harapkan di akhir nanti, mosaik ini bisa dikompetisikan," ujarnya.

Dalam seminar tersebut penyelenggara menghadirkan tiga pakar untuk memberi materi pada peserta. Mereka adalah Deden Maulana (Akademisi, Praktisi Seni dan Desain), Taufik Panji Wisesa (Akademisi, Praktisi Seni dan Desain Keramik) dan Agus Pursena (Pearland, Keramik Pabrikasi).

Mosaik sendiri merupakan seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan kecil berwarna dari bahan kaca, batu atau lainnya. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga aspek dari dekorasi interior atau eksterior.

"Salah satu hasil karya dari mosaik adalah jembatan 'Pelangi' Antapani," tandas Win.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed