DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 15:44 WIB

Pemprov Jabar Usulkan Status Soroja Jadi Tol Dalam Kota

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemprov Jabar Usulkan Status Soroja Jadi Tol Dalam Kota Proyek pembangunan tol Soroja/Foto: Wisma Putra
Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menjadi tol dalam kota kepada Kementerian PUPR. Usulan itu mendapat respon positif dari kementerian.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengungkapkan sudah sejak lama Pemprov mengusulkan agar Tol Soroja berstatus tol dalam kota. Sehingga masalah keamanan dan kenyamanan para pengguna bisa lebih terjamin.

"Ini diusulkan jadi tol kota agar terang benderang kalau malam. Jadi penerangan jalannya akan lebih banyak dibandingkan dengan jalan tol biasa," kata Iwa, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (23/10/2017).

Iwa menilai, Tol Soroja memang layak di jadikan atau bertatus tol dalam kota. Pasalnya jalan tol ini akan menjadi penghubung antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung yang saling bertetangga.

Selain itu, kata dia, dengan berstatus tol dalam kota bisa menekan angka kecelakaan dan kriminalitas. Karena pencayahaan saat malam hari lebih maksimal dibanding berstatus tol biasa. "Frekuensi kendaraan pun akan jauh lebih banyak terlebih jika malam hari," ujar Iwa.

Tol Soroja sendiri saat ini sedang proses ujicoba sebelum nanti akan dibuka untuk umum. Sementara tarif, Iwa mengaku, itu kewenangan BPJT dan badan usaha Tol Soroja PT Citra Marga Lintas.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed