DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 16:57 WIB

Pemkot Bandung Mulai Kerjakan Tol Air Pagarsih

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung Mulai Kerjakan Tol Air Pagarsih Proses pengerjaan tol air di Jalan Pagarsih Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Memasuki musim hujan, Pemkot Bandung mulai mengerjakan pembangunan tol air Sungai Citepus di sepanjang Jalan Pagarsih guna antisipasi banjir besar yang sempat menerjang pada tahun lalu. Pelaksana Proyek Dadan Darmawan mengatakan proses pengerjaan sudah berlangsung sejak Senin 16 Oktober 2017.

Proses awal pengerjaan yaitu menggali jalur tol air untuk pemasangan box culvert. Nantinya, kata Dadan, di lokasi akan dilaksanakan penggalian sedalam empat meter untuk box culvert hingga ke belokan Sungai Citepus.

Untuk sementara pekerjaan akan difokuskan pada belokan sungai yang posisinya berada di bawah badan jalan. "Nanti saluran sebelum jembatan yang semula enam meter diperlebar jadi tujuh meter. Sehingga diharapkan tidak ada hambatan," ujar Dadan di lokasi pengerjaan, Kamis (19/10/2017).
Pemkot Bandung Mulai Kerjakan Tol Air PagarsihProses pengerjaan tol air di Jalan Pagarsih Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Dadan menjelaskan tol air berfungsi membantu saluran lama yang tak lagi mampu membendung air saat hujan. Sehingga air yang masuk akan terbagi dan tersalurkan melalui saluran lama dan tol air.

"Untuk sementara sebagian jalan masih bisa dilalui oleh umum. Tapi pas pemasangan box culvert kemungkinan tidak bisa dilalui karena tertutup crane," ucap Dadan.

Pantauan di Jalan Pagarsih tepatnya mulai persimpangan Jalan Astanaanyar, arus lalu lintas kendaraan sudah diberlakukan satu arah yang mengarah ke Alun-alun Kota Bandung. Sementara arah sebaliknya ditutup dan dialihkan ke sejumlah jalan alternatif seperti Jalan H Sapari dan Jalan Natawijaya.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed