DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 20:04 WIB

Wawan 'Jenderal NII' di Garut Dituntut 10 Tahun Penjara

Hakim Ghani - detikNews
Wawan Jenderal NII di Garut Dituntut 10 Tahun Penjara Foto: Hakim Ghani
Garut - Wawan Setiawan, seorang pria asal Garut Jawa Barat yang mengaku jenderal bintang empat menjabat Panglima Angkatan Darat di Negara Islam Indonesia (NII) dituntut 10 tahun penjara.

Hal tersebut disampaikan oleh jaksa penuntut umum (JPU) di Pengadilan Negeri Garut dalam sidang lanjutan kasus dugaan makar dan penodaan agama yang dilakukan oleh Wawan, Rabu (18/10) sore.

"Pertama, menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana makar dan penodaan agama. Kedua, menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 10 tahun," ungkap JPU Solihin dalam Jalannya sidang di PN Garut, Jalan Merdeka, Tarogong Kidul, Rabu (18/10) sore.

Jaksa beranggapan terdakwa melanggar pasal 107 ayat 1 Junto pasal 53 ayat 1 KUHP tentang percobaan makar dan pasal 156 a KHUP tentang penodaan agama.

"Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa dapat mengganggu kedaulatan Negara Indonesia dengan sah," katanya.

Wawan 'Jenderal NII' di Garut Dituntut 10 Tahun PenjaraFoto: Hakim Ghani


Mendengar tuntutan tersebut, Wawan yang hadir ditemani kuasa hukumnya hanya mengangguk dan terdiam. Wawan justru mengucap terimakasih kepada jaksa dan majelis hakim.

"Ya terimakasih kepada semuanya," ungkap Wawan dalam sidang.

Baca juga: Sidang Perdana, Wawan 'Jendral NII' Didakwa Makar dan Penistaan Agama

Sementara itu Ketua Majelis Hakim Endratno Rajamai mengatakan terdakwa diberikan hak untuk pembelaan dan membicarakan tuntutan tersebut dengan kuasa hukumnya.

"Terdakwa bisa mengajukan pembelaan baik dalam bentuk tulisan maupun lisan di sidang selanjutnya," ungkapnya di tempat yang sama.

Sidang lanjutan kasus makar dan penodaan agama yang dilakukan oleh terdakwa Wawan Setiawan ini akan kembali digelar di Pengadilan Negeri Garut, Rabu pekan depan dengan agenda pledoi.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed