DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 12:13 WIB

Cerita Inspiratif Brigadir Dikri yang Menyita Perhatian Kapolri

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cerita Inspiratif Brigadir Dikri yang Menyita Perhatian Kapolri Brigadir Dikri Nur Hakim (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi - Beragam aksi sosial dilakoni Brigadir Dikri Nur Hakim, anggota Bhabinkantibmas Polsek Cireunghas, Resor Sukabumi Kota. Kisah inspiratif itu berujung penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto.

Baca juga: Brigadir Dikri Dapat Hadiah Umrah dari Anggota Polresta Sukabumi

Dikri mengaku tidak percaya kisah tentangnya mendapat perhatian khusus dari Kapolri dan Kapolda Jabar. Terlebih semuanya berlangsung singkat, nyaris tanpa persiapan apapun.

"Awalnya saya mendapat atensi untuk mempersiapkan diri menerima penghargaan dari Bapak Kapolda Jabar, Kamis (12/10). Usai menerima penghargaan di Polda mendadak saya diminta lagi untuk mempersiapkan diri menghadap bapak Kapolri keesokan harinya atau Jumat (13/10)," kata Dikri, usai menerima piagam penghargaan di Lapang Upacara, Polres Sukabumi Kota, Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (18/10/2017).

Saat di Polda Jabar ada 14 personil dari berbagai Polres yang menerima penghargaan dari Kapolda. Dari jumlah itu hanya empat personel yang berkesempatan bertemu langsung dengan Kapolri.

"Saya ke Mabes Polri bersama 4 personil dari Polres Sukabumi Kota 1 orang, dari Polres Subang 1 orang dan 2 orang lagi Polres Kuningan. Berangkat Kamis dan bermalam di sana," lanjut Dikri.

Baca juga: Polisi Baik Brigadir Dikri Raih Penghargaan dari Kapolda Jabar

Usai makan siang bersama di Gedung Rupatama Mabes Polri, Dikri memperoleh Pin Emas yang disematkan langsung oleh Kapolri. Sayangnya karena jenjang kepangkatannya belum memenuhi, Dikri tidak mendapat penghargaan bersekolah di Setukpa Lemdikpol.

"Pangkat saya belum sampai, kalau yang sudah Bripka ke atas baru dapat reward tiket sekolah ke Setukpa. Bertemu dengan pimpinan tertinggi di kepolisian benar-benar pengalaman berharga bagi saya," imbuh dia.

Sederetan aksi sosial yang dilakoni Brigadir Dikri di tempat tugasnya yang menyita perhatian Kapolri antara lain mendirikan Taman Bacaan (Taman Baca Bambu Air) yang terletak di Kampung Cikaroya, Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, menyediakan lapak baca, membentuk perpustakaan keliling, membuat MCK Umum, perbaikan Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) 3 unit, pembuatan jamban / MCK di rumah Jompo ( 2 unit), dan Kampung Mengaji.

Aksi itu tidak dilakukan sendirian, dia bersama sejumlah komunitas dan relawan bergotong royong membantu masyarakat di wilayah Kecamatan Cireunghas. "Alhamdulillah, saya masih kerasa seperti mimpi. Apa yang saya lakukan di Cireunghas sebenarnya adalah hal yang biasa dilakukan oleh anggota Bhabinkantibmas mungkin di seluruh Indonesia," kata Dikri.

Dikri mengaku bersyukur menerima hadiah umrah dari rekan sejawat dan pimpinannya di Polres Sukabumi Kota. "Tadi kata pak Kapolres saya disuruh untuk membuat paspor, rencananya mau minggu-minggu ini. Saya enggak kepikiran mau keluar negeri, tahu-tahu hari ini hal yang tidak saya duga malah dapat umrah," ucap Dikri.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed