DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 15:12 WIB

Begini Cara Kerja Aplikasi Lojek Khusus Pangkalan di Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Begini Cara Kerja Aplikasi Lojek Khusus Pangkalan di Bandung Aplikasi Lojek
Bandung - Pemkot Bandung tengah menyempurnakan aplikasi Lokal Ojek (Lojek). Aplikasi khusus ojek pangkalan ini menjadi layanan baru untuk transportasi konvensional di Kota Bandung. Bagaimana cara kerjanya?

Pengembang aplikasi Lojek Muhammad Ridwan Effendi menuturkan aplikasi Lojek secara teknis sama dengan layanan ojek online pada umumnya. Hanya saja, sopir ojek tetap menunggu penumpang di pangkalan.

"Pelayanan opang (ojek pangkalan) tidak berubah. Namun dibantu dari sisi teknologi saja. Agar mereka juga bisa bersaing dengan transportasi online lainnya," kata Ridwan saat ditemui usai sosialisasi aplikasi Lojek di pangkalan ojek Leuwipanjang, Kota Bandung, Selasa (17/10/2017).

Baca Juga: Seperti Go-Jek, Pemkot Bandung Segera Luncurkan Aplikasi Lojek

Ia menjelaskan nantinya pengguna aplikasi Lojek ini bisa mengakses lokasi pangkalan, tujuan hingga tarif perjalanan. Nantinya setiap pesanan akan diproses oleh aplikasi dan menentukan sopir yang mengantar.

"Setiap user yang memesan ojek diarahkan pangkalan terdekat. Antrean teratas di pangkalan nantinya yang mengambil orderan itu. Tidak ada jemput bola karena berbasis pangkalan," ungkap dia.

Menurutnya saat ini aplikasi Lojek tengah dalam tahap penyempurnaan mulai dari penentuan tarif, promosi hingga administrasi lainnya. Selain itu, pihaknya juga akan mulai menyosialisasikannya kepada seluruh opang.

"Setiap opang bisa menjadi mamber dengan registrasi cukup input nama dan identitas, plat nomor dan foto. Nanti dapat kartu NFC. Setiap pangkalan ada yang menjadi operator mengatur antrean," kata Ridwan.

Pembuatan aplikasi ini hadir berkat kolaborasi Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dengan pengembang aplikasi. Biaya pembuatan aplikasi Lojek ini menggunakan dana APDB sebesar Rp50 juta.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed