DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 13:17 WIB

Baru 4 Parpol Serahkan Berkas Pendaftaran ke KPU Kota Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Baru 4 Parpol Serahkan Berkas Pendaftaran ke KPU Kota Bandung Pendaftaran Parpol ke KPU Kota Bandung/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Baru empat partai politik (parpol) yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung. Empat partai tersebut di adalah PDIP, Perindo, PSI dan NasDem Kota Bandung.

Komisioner KPU Kota Bandung Budi Tresnayadi menyatakan, dari keempat partai yang telah mendaftar, baru PDIP, PSI dan Perindo dinyatakan telah lengkap berkas persyaratannya. Sementara NasDem masih dilakukan tahap verifikasi karena baru menyerahkan berkas persyaratan pada, Jumat (13/10) hari ini.

"Sampai sekarang sudah ada empat partai dengan NasDem ini. Yang sudah lengkap dan sesuai (persyaratan) Perindo, PSI dan PDIP,"kata Budi, saat ditemui di Kantor KPU Kota Bandung, Jumat (13/10/2017).

Budi melanjutkan, sejumlah syarat harus dipenuhi oleh partai politik. Mulai dari data keanggotaan berupa KTA (kartu anggota) e-KTP minimal sebanyak 1.000. Selain itu data yang harus diserahkan itu juga harus sesuai dengan Sistem Informasi Politik (Sipol).

"Persyaratan kelengkapan keanggotaan berupa KTA dan e-KTP. Terus yang diserahkan itu harus sesuai dengan jumlah keanggotaan di Sipol. Minimal 1.000 keanggotaan," ucap Budi.

Budi menambahkan semua partai politik diberi kesempatan untuk menyerahkan kelengkapan berkas sampai 16 Oktober mendatang. "Kalau ada partai yang syaratnya belum lengkap kita beri waktu untuk revisi sampai tanggal 16 Oktober sampai pukul 24.00 WIB," ujar Budi.

Sementara itu, Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa mengungkapkan, penyerahan berkas pendaftaran ini dilakukan secara serentak oleh DPD NasDem di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. "Hari ini melakukan pendaftaran secara serentak di 27 kabupaten/kota ke KPU masing-masing," katanya.

Dia sangat optimistis sejumlah berkas yang diserahkan bisa lolos verifikasi administrasi. Pasalnya, Saan mengaku telah menyiapkan syarat administrasi ini sejak jauh hari. "Soal diterima kami dari NasDem optimistis bakal diterima KPU karena sudah kita siapkan," ujar Saan.

Untuk di Kota Bandung sendiri ada sebanyak 5.334 berkas keangotaan berupa KTA dan e-KTP yang diserahkan DPD NasDem Kota Bandung ke KPU.
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed