DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 19:29 WIB

Pasutri Garut Otak Penipuan CPNS Divonis 15 Tahun Penjara

Hakim Ghani - detikNews
Pasutri Garut Otak Penipuan CPNS Divonis 15 Tahun Penjara Pasutri terlibat penipuan CPNS. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Pengadilan Negeri Garut menjatuhkan vonis kurungan selama 15 tahun penjara kepada pasutri, Maman Suryaman (56) dan Heti Hernawati (57). Keduanya terbukti melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sesuai dengan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana secara bersama-sama melakukan tindak pidana pencucian uang. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa satu dan terdakwa dua dengan pidana penjara masing-masing selama 15 tahun," kata ketua majelis hakim Endratno Rajamai dalam jalannya sidang di ruang Utama Garuda, PN Garut, Jalan Merdeka, Tarogong Kidul, Kamis (12/10/2017) sore.

Kedua terdakwa hadir tanpa didampingi oleh kuasa hukum yang berhalangan hadir. Majelis memberikan waktu bagi keduanya untuk berkonsultasi kepada kuasa hukum selama tujuh hari ke depan. Setelah mendengarkan pembacaan vonis, keduanya tampak tegar dan menerima putusan majelis tersebut.

Selain hukuman penjara, keduanya harus membayar denda sebesar masing-masing Rp 500 ribu. "Apabila tidak mampu mengembalikan maka diganti dengan hukuman enam bulan kurungan," kata Endratno.

Akibat perbuatan keduanya ini total kerugian mencapai lebih dari Rp 10 miliar. Sejumlah aset seperti belasan mobil dan sejumlah rumah serta tanah pun disita.

"Kerugian dikembalikan kepada para korban melalui JPU (Jaksa Penuntut Umum)," ucap Endratno.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed