DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 19:15 WIB

Mulai Hari Ini e-Toll Diberlakukan di Gerbang Tol Buahbatu Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Mulai Hari Ini e-Toll Diberlakukan di Gerbang Tol Buahbatu Bandung e-toll/Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Bandung - Mulai hari ini, Kamis (12/10/2017), PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi memberlakukan sistem pembayaran elektronik atau e-toll di Gerbang Tol (GT) Buahbatu.

"GT Buahbatu adalah yang keempat di Purbaleunyi yang memberlakukan Unik atau uang elektronik," ujar GM Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Reza Febriano kepada detikcom di ruang kerjanya.

Menurut Reza selain GT Buahbatu pihaknya sudah memberlakukan hal serupa di GT Baros (1) pada 22 September, GT Sadang 26 September dan GT Mohammad Toha 29 September.

"Saat ini gerbang masuk 100 persen menggunakan Unik. Kalau exit (keluar) masih ada yang manual," katanya.

Meski begitu Reza menargetkan pada akhir Oktober 2017 nanti seluruh gerbang masuk dan keluar yang berada di Purbaleunyi akan mulai memberlakukan Unik sebagai alat pembayaran.

Namun untuk mengantisipasi masih adanya warga yang tidak menggunakan Unik maka pihaknya akan tetap menempatkan petugas dengan komposisi satu petugas untuk menjaga tiga gardu.

Sejauh ini, kata Reza, dari empat lokasi yang sudah menggunakan sistem elektronik 90 persen sudah menggunakan Unik. Bahkan GT Pasteur yang akan memberlakukan hal serupa pada 24 Oktober, 67 persen diantaranya sudah menggunakan Unik.

Disinggung soal masih banyaknya masyarakat yang membayar secara tunai, Reza mengatakan dari pengamatannya ada dua tipe orang berbeda. Pertama adalah mereka yang mempunyai uang tapi enggan membeli Unik dan kedua adalah orang tidak punya uang dan enggan membeli.

"Tapi yang perlu ditekankan adalah dari segi manfaatnya. Pertama mempercepat transaksi dengan rata-rata 2-3 detik/mobil, kenyamanan dan keamanan karena saat ini kebanyakan orang tidak lagi bawa uang cash," beber Reza.

Berikut Jadwal Rencana Lanjutan 100 Persen Penggunaan Transaksi Non Tunai di Purbaleunyi

- Kopo 17 Oktober 2017
- Pasirkoja 18 Oktober 2017
- Baros (2) 19 Oktober 2017
- Pasteur 24 Oktober 2017
- Padalarang 25 Oktober 2017
- Jatiluhur 26 Oktober 2017
- Cileunyi 29 Oktober 2017
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed