DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 16:38 WIB

Kondisi Wajah Rachel yang Diceburkan Nenek ke Minyak Panas Membaik

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kondisi Wajah Rachel yang Diceburkan Nenek ke Minyak Panas Membaik Rachel menjalani perawatan di RSHS/Foto: dok. RS Hasan Sadikin
Bandung - Rachel Herliani (11) kembali menjalani operasi pemberihan luka bakar di wajahnya akibat tercebur minyak panas. Saat ini kondisi luka di wajah bocah kelas 5 SD itu tinggal 40 persen.

Rachel menjalani operasi pembersihan luka di ruang operasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (12/10/2017). Operasi berlangsung selama satu jam oleh tim dokter.

"Prosesnya datang ke kamar operasi terus dibius umum. Dibuka balutannya dicuci lalu dilakukan penyuntikan BRF. Sisa lukanya 40 persen maksimal," kata dokter spesialis bedah plastik Rani Septrina di RSHS Bandung.

Ia menuturkan secara umum kondisi Rachel membaik. Pihaknya akan terus memantau kondisi pasien dalam beberapa hari mendatang untuk menentukan apakah perlu adanya tindakan operasi lagi.

"Kita lihat lukanya nanti, mudah-mudahan gak harus (operasi lagi). Diperkirakan sepekan atau dua pekan lagi bisa pulang," ungkap dia

Menurutnya tim dokter tidak hanya menangani soal luka di wajah pasien. Melainkan juga memperhatikan kondisi psikologis Rachel pasca menjadi korban kekerasan oleh sang nenek.

"Trauma sikis kita enggak sendiri ada sikiatri anak dan dokter anak juga. Kalau dari sekarang jauh lebih baik. Komunikasinya baik dan ceria," kata Rani.

Orang tua Rachel, Kusdinan (42) menuturkan kondisi buah hatinya itu semakin membaik. Anak kedua dari empat bersaudara ini sudah ceria dan ingin segera sembuh untuk kembali bersekolah.

"Kondisi Rachel baik. Malah pengen cepet sekolah lagi nanti. Cuma ada yang berdarah di mata sebelah kanan, tapi udah diobati," kata Kusdinan.
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed