DetikNews
Selasa 10 Oktober 2017, 13:34 WIB

Razia Transportasi Online, Dishub Imbau Tak Beroperasi Sementara

Mukhlis Dinillah - detikNews
Razia Transportasi Online, Dishub Imbau Tak Beroperasi Sementara Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Petugas gabungan terdiri dari aparat kepolisian bersama Dishub Jabar dan Kota Bandung menggelar razia transportasi online. Angkutan berbasis aplikasi diimbau untuk tidak beroperasi dulu sementara.

Berdasarkan pantauan detikcom di bundaran Cibiru, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (10/10/2017), penindakan dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

Puluhan petugas gabungan ini menghentikan kendaraan roda empat dan roda dua. Setiap kendaraan diperiksa kelengkapan surat-surat kelengkapannya dan mengidentifikasi apakah pengemudi online atau bukan.

Kepala Balai Pengelolaan LLAJ wilayah III Dishub Jabar Abduh Hamzah mengatakan hanya menemukan empat pengemudi online. Namun, pihaknya tidak melakukan penilangan.

"Sementara ini kami tidak melakukan penilangan atau penurunan penumpang. Kami tadi temukan empat driver online termasuk polisi menindak kendaraan 10 kendaraan yang tak lengkap surat-suratnya," kata Abduh di lokasi.

Baca juga: Aparat Gabungan Razia Transportasi Online di Bandung

Dia menjelaskan pihaknya hanya memberikan imbauan kepada pengemudi online untuk tidak beroperasi sementara waktu hingga ada perizinan. Sebab, sambung dia, transportasi berbasis aplikasi sejauh ini statusnya ilegal.

"Kami minta jangan dulu bereperasi sampai perizinan keluar dari Kemenhub 1 November nanti," tutur dia.

Baca juga: Revisi Aturan Taksi Online Terbit 2 Pekan Lagi

Diakuinya pihaknya kesulitan melakukan pengawasan terhadap transportasi online. Pasalnya, sambung dia, tidak ada ciri-ciri khusus yang dimiliki angkutan berplat hitam tersebut.

"Tetap akan kami awasi sampai benar-benar keluar izinnya. Ini juga bagian dari tindaklanjut kita terhadap permintaan WAAT kemarin," kata Abduh.

Baca juga: Angkutan Online di Bandung Berhenti Beroperasi Selama 4 Hari
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed