DetikNews
Sabtu 07 Oktober 2017, 18:51 WIB

3 Pemuda Spesialis Bobol Minimarket di Garut Diciduk Polisi

Hakim Ghani - detikNews
3 Pemuda Spesialis Bobol Minimarket di Garut Diciduk Polisi Polisi meminta keterangan tiga pencuri. (Foto: Hakim Ghani)
Garut - Polisi meringkus tiga pemuda spesialis pembobol minimarket. Ketiganya sudah tiga kali beraksi di wilayah perkotaan Kabupaten Garut.

Kapolsek Garut Kota Kompol Uus Susilo mengatakan ketiganya masing-masing berinisial DT (20), DYT (20) dan seorang anak di bawah umur BA (16).

"Berdasarkan hasil laporan, bahwa telah terjadi pembobolan minimarket Jumat (6/10) malam, kemudian kami cek CCTV di minimarket tersebut. Memang betul ada aksi itu (pembobolan). Setelah diselidiki tertangkaplah satu pelaku berinisial BA," ucap Uus kepada wartawan di Mapolsek Garut Kota, Jalan Pasundan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2017)

BA ditangkap di rumahnya di wilayah Kelurahan Kota Kulon, Garkot. Saat ditangkap BA tidak melakukan perlawanan. Setelah menangkap BA, polisi kemudian berhasil menangkap dua pelaku lainnya DT dan DYT.

"Pelaku membobol minimarket dengan cara naik ke atap, saat malam hari. kemudian menggergaji dan membuka atap minimarket. Kemudian pelaku masuk dan membawa sejumlah barang yang ada di dalam minimarket," katanya.

Rokok, cokelat batangan, minyak rambut dan parfum merupakan barang-barang yang digasak pelaku. Di hadapan polisi, ketiganya mengaku telah tiga kali melakukan pembobolan minimarket.

"BA menjadi dalang dari aksi pembobolan minimarket tersebut. Mereka tidak ngambil uang karena mungkin uangnya sudah disimpan oleh karyawan minimarket," ujarnya.

"Mereka mengaku sudah melakukan aksi ini sebanyak tiga kali di dua TKP berbeda, tapi masih di wilayah Garut Kota," kata Uus menambahkan.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sebuah gergaji yang digunakan untuk membobol minimarket. Ketiganya kini masih diperiksa polisi guna kepentingan penyelidikan.

"Untuk yang dua (DYT dan DT) hukumannya bisa sampai lima tahun kurungan. Untuk yang masih di bawah umur (BA) kita nanti koordinasikan dengan Bapas," tutur Uus.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed