DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 12:58 WIB

Jelang Pilkada Serentak, Kapolda Jabar Waspadai Politik Uang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jelang Pilkada Serentak, Kapolda Jabar Waspadai Politik Uang Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Pelaksanaan Pilkada 2018 di Jawa Barat masih cukup lama. Namun, Polda Jabar sudah mulai mewaspadai sejumlah kecurangan dalam Pilkada termasuk praktik politik uang.

"Untuk pelaksanaan Pilkada ini praktik money politik tentu kita waspadai," ucap Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto usai bertemu dengan dokter Se-Jabar yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar di Hotel Harris, Jalan Peta, Kota Bandung, Jumat (6/10/2017).

Praktik politik uang, sambung Agung, modusnya mengiming-imingi sejumlah uang agar masyarakat memilih calon tertentu.

"Bangsa kita masih banyak yang lower class. Banyak yang mudah di iming-imingi. Oleh karena itu ke depan harus lebih baik lagi, sehingga kalau sudah mapan, hilang praktik itu," ujar Agung.

Dia mengatakan praktik politik uang ini cenderung kerap terjadi saat masa Pilkada di Jabar. Selain itu, sambung Agung, kecurangan-kecurangan lain kerap terjadi dalam momen Pilkada.

"Selain money politik ada intimidasi juga. Itu kita waspadai semua," kata Agung.

Dia menegaskan tak segan menindak para oknum yang terbukti melakukan praktik politik uang. Sebab, kata dia, praktik seperti itu bukan mencerminkan ciri demokrasi bangsa Indonesia.

"Kalau memang ada bukti dan memang terbukti, kita proses," ujar Agung.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed