Ribuan Anjing dan Kucing di Kabupaten Bandung Disuntik Rabies

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 03 Okt 2017 12:10 WIB
Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Ribuan kucing dan anjing di Kabupaten Bandung Jawa Barat disuntik rabies oleh petugas Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Ada sekitar 2.854 ekor kucing dan anjing yang sudah disuntik rabies," kata Euis Rihayani, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner saat ditemui detikcom di ruang kerjanya di Kantor Dinas Pertanian, Pemkab Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (3/10/2017).

Euis mengungkapkan pelaksanaan suntik rabies itu dilakukan dalam rangka Hari Rabies yang dilaksanakan di 13 kecamatan di Kabupaten Bandung dan diselenggarakan sejak Bulan Agustus hingga Oktober.

Menurutnya hasil pemeriksaan di lapangan populasi anjing lebih tinggi dibandingkan kucing. "Wilayah Majalaya, Baleendah dan Soreang populasi kucing dan anjing sangat banyak. Sebetulnya kegiatan yang kami laksanakan harus mencapai target sekitar 3.000 ekor kucing dan anjing," ungkapnya.

Euis menambahkan, pada pelaksanaan suntik rabies tahun 2017 pihaknya menemukan satu ekor kucing yang positif rabies di daerah Tanjungsari, Kecamatan Cangkuang. "Satu kucing terdeteksi rabies, pemiliknya langsung diberi vaksin oleh Dinas Kesehatan," tambahnya.

Ribuan Anjing dan Kucing di Kabupaten Bandung Disuntik RabiesFoto: Wisma Putra


Selain itu, dalam pelaksanaan suntik rabies itu pihaknya melakukan kastrasi kucing dan anjing agar tidak punya anak lagi. Selain itu dilakukan juga pemusnahan anjing liar yang tidak ada pemiliknya.

"Kami gencar lakukan sosialisasai dan vaksinasi untuk mengkontrol populasi anjing dan kucing. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mengendalikan populasi untuk Jabar bebas rabies tahun 2018 dan nasional bebas rabies tahun 2020," tuturnya.

Salahsatu warga penerima manfaat suntik rabies, Bambang Trisna mengatakan melalui kegiatan suntik rabies tersebut kucing dan anjingnya terbebas dari bahaya penyakit rabies.

Sekitar empat anjing dan delapan kucing milik Bambang disuntik rabies. Suntik rabies itu rutin dilakukan agar kucing dan anjingnya tetap sehat.

"Saya rutin mengikuti kegiatan ini, kalau ke dokter hewan harus bayar tapi kalau sama Dinas Pertanian gratis," katanya saat ditemui di kediamannya di Kampung Cijengkol, Desa Sadu, Kecamatan Soreang. (ern/ern)