DetikNews
Kamis 28 September 2017, 14:07 WIB

Putus Cinta Hingga Konsultasi ASI Dilayani 'Kekasih' Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Putus Cinta Hingga Konsultasi ASI Dilayani Kekasih Bandung Mobil Kekasih Juara/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Bandung sekarang punya Kendaraan Kanseling Silih Asih (Kekasih) Juara yakni mobil yang menjadi tempat konsultasi gratis. Menerima curhatan mulai dari putus cinta hingga masalah ASI dan rokok untuk mendapat solusi dari pakarnya.

Tidak hanya menghadirkan psikolog, psikiatri dan konselor, pada program Kekasih Juara juga nantinya dilibatkan sejumlah ustaz yang akan mendengarkan curhat dan memberi solusi pada warga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan Kekasih Juara melayani banyak sekali curhatan warga mulai yang bersifat umum hingga masalah pribadi.

"Banyak sekali nanti. Mulai dari kesulitan memilih jurusan di sekolah, hal-hal seputar rumah tangga, soal pemberian ASI (Air Susu Ibu), ingin berhenti merokok, sampai pada KDRT dan pelecehan-pelecehan," beber Rita usai peluncuran program Kekasih Juara di Taman Dago Cikapayang, Kamis (28/9/2017).

Untuk sementara Kekasih Juara akan beroperasi di Taman Dago Cikapayang, Taman Dewi Sartika dan Taman Lansia. Nantinya setiap Kekasih Juara akan mendirikan tiga unit tenda tempat konseling warga. Sementara yang ingin bersifat privasi bisa konseling di dalam mobil.

Setiap tenda akan terdapat tenaga ahli yang akan melayani warga sesuai dengan apa yang dikeluhkan. Diharapkan usai berkonsultasi dengan ahlinya warga bisa pulang dengan membawa solusi.

"Sementara dua minggu sekali dulu karena unit (Kekasih Juara) dan konselornya terbatas," katanya.

Dari brosur yang diterima detikcom di lokasi peluncuran, disebutkan jika Kekasih Juara akan beroperasi setiap Hari Minggu mulai pukul 7.00 WIB hingga 10.00 WIB di Taman Dago Cikapayang, Taman Dewi Sartika dan Taman Lansia.

Nantinya warga bisa menikmati sejumlah menu konseling secara cuma-cuma alias gratis dengan metode pendekatan interaktif, humanis, dari hati ke hati berlandaskan nilai-nilai spiritualitas. Dalam brosur disebutkan ada enam menu yang ditawarkan yakni:

A. Problem anak dan remaja
-kesehatan
-pendidikan
-pergaulan sehat
-kecanduan gadget, video game dsb

B. Permasalahan psikologi
-tips memilih jurusan
-penelusuran minat dan bakat
-bullying
-parenting
-adiksi media sosial
-menghalau cemas dan galau

C. Konseling religi

D. Kesehatan reproduksi
-pubertas
-PMS
-menopause
-resiko pergaulan tidak sehat (IMS, HIV-AIDS, penyalahgunaan NAPZA)

E. All about ASI
-menyapih dengan cinta
-meningkatkan produksi ASI
-ASI untuk ibu kerja

F. Konseling berhenti merokok
-smokelyzer deteksi racun rokok dalam tubuh
-taktik jitu berhenti merokok
-klinik berhenti merokok
-risiko rokok elektrik
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed