DetikNews
Rabu 27 September 2017, 17:55 WIB

Kepala Bappenas Dorong Pemkot Bandung Segera Bangun LRT

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kepala Bappenas Dorong Pemkot Bandung Segera Bangun LRT Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Foto: Maikel Jefriando)
Bandung - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mendorong proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Kota Bandung segera terealisasi. Ia menilai LRT akan menjadi moda transportasi penting di kota kembang ini.

Menurutnya LRT merupakan transportasi publik yang cocok untuk Kota Bandung saat ini. Sebab, menurut Bambang, sejauh ini Kota Bandung belum memiliki moda transportasi massal yang baik.

"Saya tau Bandung mau bikin LRT. Saya dukung penuh, karena menurut saya Bandung itu sudah sangat terlambat dan Bandung sampai hari ini tidak punya sistem transportasi massal yang baku," kata Bambang usai memberikan kuliah umum di ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (27/9/2017).

Ia mengatakan keberadaan angkutan kota dan bus nyatanya belum bisa mengatasi kemacetan dan mengakomodir pergerakan masyarakat. Sehingga, sambung dia, butuh moda transportasi baru.

"Jadi untuk kota seperti Bandung, angkot sudah enggak bisa menyelesaikan. Kalau enggak bisa karena tempatnya susah, harus langsung kereta. Kalau bawah tanah terlalu mahal, ya LRT tadi. Jadi LRT menurut saya adalah yang the best for Bandung," tutur Bambang.

Dia menyebut ke depannya moda transportasi publik merupakan ciri khas kota-kota besar di Tanah Air, termasuk Bandung. Sehingga, ia meminta para kepada daerah fokus membangun urban railway sistem di wilayahnya.

"Jadi akan sangat salah apabila wali kota dari kota besar masih berpikir membangun jalan layang terlalu banyak. Artinya bangun jalan layang perlu, tapi nomor dua, nomor satu bangun dulu urban railway sistem," tutur Bambang.

Seperti diketahui, groundbreaking LRT atau Metro Kapsul tak kunjung terealisasi. Sebab, ada beberapa persyaratan administratif di Pemprov Jabar dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang belum keluar.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed