ADVERTISEMENT

Kaki Tambahan Balita Kembar Siam Asal Garut Berhasil Dihilangkan

Mochamad Solehudin - detikNews
Selasa, 26 Sep 2017 20:16 WIB
bayi kembar siam asal Garut/Foto: Pool
Bandung - Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berhasil melakukan operasi untuk menghilangkan kaki tambahan milik balita kembar siam dempet perut asal Garut Al Putri Anugrah dan Al Putri Dewi Ningsih.

Ketua Tim Kembar Siam RSHS Bandung Sjarif Hidajat Effendi menjelaskan proses operasi berjalan sekitar satu jam. Prosesnya berjalan lancar tanpa adanya kendala apapun.

"Operasi tadi sudah berjalan lancar. Tadi operasinya hanya berjalan satu jam dan relatif mudah. Hanya mengambil tulang kaki yang tidak tumbuh itu," kata Sjarif, dalam rilis yang diterima, Selasa (26/9/2017).

Baca Juga: RSHS Siapkan Kursi Khusus Balita Kembar Siam Asal Garut

Balita kembar siam tersebut merupakan anak kedua dan ketiga dari pasangan Iwan Kurniawan (39) dan Yuningsih (30) warga Kampung Padasari, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. Mereka lahir di Riau, 29 Oktober 2013 dengan kondisi dempet dan divonis tidak bisa dipisahkan.

"Keadaan mereka tidak bisa dipisahkan. Karena organ-organ vital bersatu sama lainnya. Mereka memiliki kaki tambahan. Satu kaki itu mengganggu. Nah operasi itu yang dilakukan (untuk menghilangkan kaki tambahan)," ujarnya.

Untuk selanjutnya, Sjarif mengaku telah menyiapkan kursi khusus untuk membantu aktivitas kedua balita malang tersebut. "Penanganan selanjutnya, membuatkan kursi sehingga mereka bisa berjalan berdua," tandas Sjarif.

Baca Juga: Penjelasan RSHS soal Kembar Siam Asal Garut tak Bisa Dipisah (avi/avi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT