DetikNews
Jumat 22 September 2017, 19:42 WIB

Pilgub Jabar 2018

Bendera Golkar Setengah Tiang Berkibar di DPD Cianjur dan Garut

Hakim Ghani, Syahdan Alamsyah - detikNews
Bendera Golkar Setengah Tiang Berkibar di DPD Cianjur dan Garut Bendera parpol Golkar setengah tiang di depan DPD Cianjur/Foto: Istimewa
Cianjur - Bendera Partai Golkar dikerek setengah tiang dan baliho bertuliskan 'Save Partai Golkar' dengan lambang partai berlatar kuning muncul di kantor DPD II Partai Golkar Cianjur. Diduga hal itu dipicu beredarnya surat DPP Partai Golkar mengenai penunjukan Ridwan Kamil sebagai cagub.

Surat DPP yang berisi dukungan kepada Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien Syafiuddin sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Golkar sendiri sudah dibantah oleh elite pusat. Namun surat tidak berstempel dan bernomor itu kepalang tersebar luas di masyarakat.

Ketua DPD I Partai Golkar Kabupaten Cianjur Mulyana Syahrudin menyatakan pengibaran bendera parpol setengah tiang dan baliho 'Save Partai Golkar' itu sebagai bentuk keprihatinan atas informasi hoax yang beredar.

Bendera Golkar Setengah Tiang Berkibar di DPD Cianjur dan GarutFoto: Istimewa


"Menjelang Pilgub Jabar timbul banyak serangan secara tidak langsung kepada partai kami, salah satunya adalah beredarnya surat hoax itu yang kedua bermacam isu berbau SARA yang ditujukan kepada salah satu figur golkar Jabar dalam hal ini Kang Dedi Mulyadi yang memang dikenal kerap mengusung kebudayaan dan kedaerahan, bendera setengah tiang adalah lambang keprihatinan kami," ujarnya.

Mulyana menyebut banyak menerima pesan singkat dan telepon yang mempertanyakan soal surat penetapan Cagub Ridwan Kamil dan Cawagub Daniel Mutaqien Sjaifuddin itu.

Ketika disinggung sikap partai di daerah terkait Pilgub Jabar, Mulyana memastikan pimpinan dan pengurus di daerah akan tetan mengikuti intruksi pimpinan pusat. Namun hingga saat ini belum ada intruksi resmi.

"Kita akan tetap solid karena jargonnya tetap Golkar Ngahiji. Namun, saya tidak memungkiri ada yang di luar struktur di setiap daerah sudah muncul komunitas-komunitas fanatisme dukungan kepada Dedi Mulyadi secara personal," imbuhnya.

Penurunan bendera Golkar setengah tiang juga sempat terjadi di DPD II Golkar Garut. Berdasarkan informasi yang dihimpun, bendera yang dibentangkan di tiang bendera utama di halaman Kantor DPD Golkar Garut, Jalan Ahmad Yani, Garut Kota diturunkan posisinya menjadi setengah tiang sejak sore.

Bendera parpol setengah tiang juga terlihat di kantor DPD Golkar GarutBendera parpol setengah tiang juga terlihat di kantor DPD Golkar Garut Foto: Istimewa


Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Wawan Diaz mengatakan penurunan bendera tersebut sebagai bentuk protes terkait surat edaran yang menyebut Golkar akan mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018.

"Kaget aja ketika dengar berita itu (surat). Kami berkabung setelah melihat surat yang menyatakan pengusungan Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien," ungkap Wawan.

Wawan menjelaskan penurunan bendera Golkar setengah tiang tersebut dikatakannya merupakan inisiatif dari kader Golkar di Garut. "Tidak ada yang perintah, ini sebagai bentuk protes kami atas surat itu," tegasnya.

Namun berdasarkan pantauan detikcom di depan Kantor DPD Golkar Garut, Jalan Ahmad Yani, sekitar pukul 19.00 WIB, bendera Golkar tersebut kini sudah kembali dinaikkan.

Wawan mengatakan hal tersebut dilakukan setelah adanya pernyataan dari Idrus Marham yang menyatakan bahwa surat tersebut tidak benar. "Kami di sini tetap solid untuk mendukung pak Dedi Mulyadi," pungkasnya.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed