DetikNews
Jumat 22 September 2017, 15:46 WIB

Pilgub Jabar 2018

Novanto Tunjuk Ridwan Kamil Jadi Cagub, PPP Pikir-pikir Lagi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Novanto Tunjuk Ridwan Kamil Jadi Cagub, PPP Pikir-pikir Lagi Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Dinamika politik di Pilgub Jabar terus bergulir. Golkar secara mengejutkan mendukung Ridwan Kamil. PPP yang sebelumnya disebut-sebut juga akan dukung Ridwan Kamil nampaknya mengurungkan niatnya.

PPP buka peluang dukung Wali Kota Bandung tentu beralasan. Pasalnya, saat itu Emil, sapaannya baru mendapatkan dukungan dari Nasdem dan PKB. Dari kedua partai itu, terkumpul 12 kursi kurang 8 kursi lagi.

Dengan situasi itu, PPP yang memiliki 9 kursi tentu bisa menggenapi dukungan untuk Emil maju di Pilgub Jabar. Selain itu, PPP juga punya peluang menempatkan kadernya sebagai wakil gubernur (wagub) Jabar.

"Partai manapun menyikapi pilkada ini ingin menempatkan kader. Kita tetap mengedepankan kader, mana peluang yang besar memberikan posisi kepada PPP dan kadernya," kata Sekertaris DPW PPP Jabar Pepep Syaiful Hidayat saat dihubungi via telepon genggam, Jumat (22/9/2017).

Baca juga: Ridwan Kamil Klaim Awal Oktober PPP Deklarasi Dukungan

Namun, dengan munculnya keputusan Setya Novanto menunjuk Ridwan Kamil sebagai cagub Jabar, PPP menjadi ragu. Pasalnya, peluang PPP untuk bisa menempatkan kedernya semakin sempit.

"Iya kalau di situ (kecil peluang), tapi kan kita bisa ke yang lain. Bisa saja bertahan di poros baru. Bahwa calon yang muncul di permukaan sekarang, poros baru sedang memungkinkan memunculkan nama di luar itu," ungkap dia.

Baca juga: Ridwan Kamil Klaim Dapat Dukungan, Ini Respon PPP Jabar

Ia menegaskan hingga saat ini PPP belum menyatakan sikap resmi mendukung siapapun di Pilgub Jabar 2018. Pihaknya, sambung dia, masih melakukan penjajakan dengan berbagai partai dan figur.

"Sekarang kami pada posisi tetap menakar dulu posisi kita. Setelah itu dibicarakan di partai koalisi, baru terpetakan (figur)," kata Pepeng.

Baca juga: Bikin Kaget! Novanto Tetapkan Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar


(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed