DetikNews
Rabu 20 September 2017, 12:40 WIB

Jelang Pilgub Jabar 2018, Jalur Independen Mulai Dilirik

Mochamad Solehudin - detikNews
Jelang Pilgub Jabar 2018, Jalur Independen Mulai Dilirik Foto: Ilustrasi Pilgub Jabar. (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Bandung - Jalur perseorangan jelang pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 mulai dilirik oleh sejumlah bakal calon. Bahkan saat ini sudah ada tim dari empat bakal calon perseorangan yang mulai intens berkomunikasi dengan KPU.

Empat tim itu dua di antaranya yakni dari tim kampanye Buyung Lalana (mantan Komanadan Korps Marinir) dan tim kampanye Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym yang mulai berkonsultasi dengan KPU.

"Mereka itu datang saat sosialisasi maupun timnya yang konsultasi kepada kami. Dari informasi dari staf mereka intens berkomunikasi," kata Komisioner KPU Jawa Barat Endung Abdul Haq, saat dihubungi, Rabu (20/9/2017).

KPU Jawa Barat sendiri menyiapkan tiga kuota untuk jalur perseorangan di Pilgub Jabar 2018. Sejumlah srayat harus bisa dipenuhi oleh para bakal calon agar bisa bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Salah satunya syarat minimal dukungan sebanyak 2.132.470.

"Tapi sejauh ini belum ada menyerahkan dukungan. Karena jadwal untuk gubernur itu penyerahan dukungannya itu per tanggal 22 November sampai 26 November. Jadi sampai saat ini tentu karena belum jadwalnya jadi belum ada yang menyerahkan dukungan," katanya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali mengundang tim kampanye dari empat bakal calon ini untuk melakukan sosialisasi. Khususnya sosialisasi terkait penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Aplikasi (Silon) ini nanti untuk memudahkan tim kampanye dan KPU untuk menginput data pendukung. Jadi kita akan mengundang tim kampanye (dari empat bakal calon) terkait penggunaan Silon ini," ujarnya.



(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed