DetikNews
Rabu 20 September 2017, 12:29 WIB

Anggota Polantas Kejar-kejaran Buru Pelaku Curanmor di Purwakarta

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Bandung - Anggota polisi lalu lintas (Polantas) Polres Purwakarta sukses meringkus pencuri sepeda motor. Pelaku yang berupaya kabur dikejar hingga ditabrak anggota polantas.

Aksi kejar-kejaran itu terjadi pada Selasa sore (19/9/2017) di Jalan Baru Purwakarta. Tiga orang Polantas unit Turjawali Satlantas Polres Purwakarta yang tengah berjaga di pos tiba-tiba mendapat informasi adanya pencurian sepeda motor jenis Honda Beat bernopol T 5025 CJ.

"Anggota yang sedang jaga sore diberi informasi oleh seorang anak kecil bahwa ada pencurian sepeda motor yang melarikan diri ke arah Sadang," ucap Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti via pesan singkat, Rabu (20/9/2017).

Anggota Polantas langsung mengejar pelaku yang melarikan ke arah Sadang. Pelaku yang merasa dikejar polisi, kembali balik arah menuju arah sebaliknya.

"Saat di depan SMPN 2, pelaku menjatuhkan motor curiannya," tuturnya.

Setelah itu, pelaku terus melarikan diri dari kejaran petugas. "Anggota melakukan pemblokiran jalan untuk menutup gerak pelaku," katanya.

Pelaku akhirnya roboh saat salah seorang anggota Polantas menabrak pelaku menggunakan kendaraannya. Saat terjatuh, pelaku masih berusaha melawan dengan berusaha mengeluarkan senjata api dari balik bajunya.

"Namun anggota kita lebih cepat melumpuhkan pelaku yang kemudian kita bawa ke kantor Polres Purwakarta," katanya.

Komplotan Lampung

Lebih lanjut Yusri mengungkapkan pelaku merupakan kelompok penjahat jaringan lampung. Pelaku bernama Rapi Akbar (17). Saat beraksi, ia tidak sendiri. "Ada empat orang. Tapi tiga orang lagi masih dalam pengejaran," kata dia.

Yusri menuturkan aksi pencurian tersebut terencana. Komplotan pelaku menginap lebih dahulu di salah satu hotel di kawasan Cikampek.

"Kemudian mereka bersama-sama berangkat ke Purwakarta. Setelah itu, pelaku menggunakan kunci astag mengambil motor Honda Beat yang sedang terparkir," tuturnya.

Ketika hendak dinyalakan, pemilik motor menyadari. Namun Rapi malah mengeluarkan senjata api dan menodongkan ke arah korban

"Setelah melarikan diri, petugas yang ada di jalan mengejar dan melakukan penyekatan hingga berhasil ditangkap," katanya.

Saat ini, pelaku sudah mendekam di bui Mapolres Purwakarta. Kasus tersebut masih diselidiki Satreskrim Polres Purwakarta.

"Masih dilakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap tiga orang lain," kata dia.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sepeda motor hasil curian, 3 kunci letter T dan sepucuk senjata api rakitan.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed