Bupati Bandung Klaim 90 Persen Gedung Desa Sudah Representatif

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 15 Sep 2017 17:26 WIB
Gedung Desa (Foto: wisma putra)
Kabupaten Bandung - Bupati Bandung Dadang M Naser mengklaim 90 persen kantor pelayanan desa di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung sudah representatif.

"Kami evaluasi seluruh gedung pelayanan desa di Kabupaten Bandung 90 persen sudah baik," katanya kepada wartawan usai melakukan peresmian Kantor Desa Cilame, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/9/2017).

Selain itu Dadang juga menambahkan 96 persen kantor desa di Kabupaten Bandung sudah memiliki gor atau gedung serbaguna. "Sudah representatif 90 persen, tinggal 10 persen itu masih gedung-gedung lama yang mesti di renovasi ulang," jelasnya.

Jika masih ditemukan ada kantor desa yang belum representatif, Dadang meminta bantuan kepada warga untuk melaporkannya kepada dinas terkait.

Dengan fasilitas gedung desa yang lebih baik dan representatif, Dadang mengimbau kepada kepala desa di Kabupaten Bandung untuk menggunakan anggarannya demi kesejahteraan rakyat.

"Pengawasan anggaran desa sekarang lagi betul-betul disoroti secara nasional. Tempo hari kejaksaan menjelaskan di Kabupaten Bandung masih ditolelir tidak ada penyimpangan yang berarti dan tumpang tindih anggaran," katanya.

Selain itu, dengan dibangunnya gedung mewah seperti kantor Desa Cilame yang dibangun dua lantai di tanah seluas 2.000 meter persegi yang baru diresmikannya, manajemen pemerintahan desa dapat ditingkatkan lagi.

"Desa melayani kepentingan warga dan masalah warga yang sifatnya kesehatan, pendidikan dan lainnya pintunya di desa. Seluruh program nasional dan kementerian berujung di desa, makannya desa harus dikuatkan dari segi SDM dan infrastukturnya," pungkasnya. (avi/avi)