DetikNews
Kamis 14 September 2017, 15:54 WIB

Alhamdulillah, Gubuk Mak Cacih Kini Tak Miring Lagi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Alhamdulillah, Gubuk Mak Cacih Kini Tak Miring Lagi Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Gubuk Mak Cacih (52), warga Kampung Situawi, RT 2 RW 2, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat kini tidak lagi miring. Bangunan permanen berwarna hijau seluas 6 x 10 meter persegi kini berdiri kokoh, di atas tanah yang sama di mana dulunya berdiri gubuk reyot dan memprihatinkan.

Bangunan permanen tersebut sudah 90 persen tuntas berdiri hanya dalam jangka waktu sepekan, sejak dirobohkan pada 6 September lalu. Belasan anggota TNI dari Kodim dan Koramil masih terlihat melakukan pengecatan di lokasi tersebut.

"Sesuai instruksi dari pimpinan di Korem dan Kodam, alhamdulillah bangunan tempat tinggal Mak Cacih sudah siap untuk ditempati, tinggal finishing sedikit-sedikit," kata Komandan Kodim (Dandim) 0607 Sukabumi Letkol (Inf) Mahfud As'at saat meninjau kediaman Mak Cacih, Kamis (14/9).

Gubuk Mak Cacih sebelum dirobohkan dan dibangun kembaliGubuk Mak Cacih sebelum dirobohkan dan dibangun kembali Foto: Syahdan Alamsyah


Mahfud menjelaskan aksi sosial yang dilakukan TNI adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat. "Dalam rangkaian HUT TNI, Danrem selaku komandan kami, begitu juga dari Pak Panglima Kodam III Siliwangi memerintahkan untuk melakukan pengecekan ke rumah yang tidak layak huni. Disusul kemudian perintah agar rumahnya dibuat lebih layak," lanjut Mahfud.

Bangunan rumah Mak Cacih kini memiliki dua kamar, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Tidak hanya membangun, uang sewa tanah selama 5 tahun juga akan dibayarkan oleh TNI.

"Kebetulan bangunan ini berdiri di atas tanah milik warga, masih tetangga Mak Cacih. Atas keluasan hati pemilik tanah yang mengizinkan berdirinya bangunan ini kita bayarkan selama 5 tahun ke depan untuk uang sewa," ujar Mahfud.

Rumah Mak Cacih rencananya akan diserah terimakan pada 5 Oktober nanti berbarengan dengan hari jadi TNI. "Jadi bukan kita yang diberikan hadiah, tapi warga yang kami berikan hadiah, sebagai rasa terimakasih karena bersama rakyat TNI kuat," imbuh Mahfud.

Alhamdulillah, Gubuk Mak Cacih Kini Tak Miring LagiFoto: Syahdan Alamsyah

(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed