DetikNews
Rabu 13 September 2017, 14:12 WIB

139 Hektare Lahan Pertanian di Jabar Gagal Panen

Mochamad Solehudin - detikNews
139 Hektare Lahan Pertanian di Jabar Gagal Panen Petani di Kabupaten Bandung gagal tanam lantaran sawahnya tak teraliri air lantaran irigasi kekeringan akibat kemarau panjang. (Foto: Wisma Putra/detik.com)
Bandung - Lahan pertanian seluas 139 hektare di Jawa Barat (Jabar) gagal panen selama musim kemarau tahun ini. Pemprov Jabar memastikan kondisi tersebut tidak berdampak terhadap pasokan beras.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan lahan pertanian yang gagal panen relatif minim jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya pada 2015 lahan pertanian yang gagal panen mencapai ribuan hektare.

"Kalau sekarang hanya 139 hektare saja. Ini sedikit dibandingkan tahun sebelumnya mencapai ribuan hektare. Jadi tidak signifikan," kata Aher, sapaan Heryawan, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (13/9/2017).

Menurut dia, dari total 139 hektare lahan pertanian yang gagal panen ini mayoritas berada di Kabupaten Indramayu. Sisanya tersebar di sejumlah wilayah di Jabar.

"Dari total 139 hektare, 135 hektarenya berada di Indramayu. Empat hektare sisanya ada di beberapa tempat. Tentu ini sedikit," tuturnya.

Pemprov Jabar telah melaporkan kondisi kekeringan ke pemerintah pusat. Bahkan, menurut Aher, dalam rapat yang dilakukan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Selasa (12/9/2017) kemarin, Pemprov Jabar diperintahkan untuk melakukan antisipasi agar masalah kekeringan ini tidak berdampak luas.

"Kita laporkan ke pemerintah pusat, biasanya suka ada bantuan. Berupa pompa untuk lahan pertanian," ucap Aher.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed